digital telah membawa perubahan yang sangat signifikan dan fundamental dalam beroperasi di suatu organisasi. Hal ini dapat pula ditemukan pada platform digital yang telah menjadi peran penting dalam interaksi antara individu, tim, dan perusahaan di seluruh dunia. Platform digital juga ternyata memiliki potensi besar yang datang pada tantangan baru dalam mengkoordinasi kegiatan, informasi, dan tujuan yang dimiliki secara bersama. Oleh karena itu pada artikel yang berjudul "Coordination in a Digital Platform Organization"Â yang ditulis oleh Carmen Leong, Silvia Lin, Felix Tan dan Jie Yu pada tahun 2019 menjadi penting dalam peran startegi platform digital di zaman ini.
Pada zaman sekarang yakni di eraArtikel tersebut membahas pada tantangan koordinasi yang dihadapi oleh organisasi platform digital serta usulan yang berfokus pada kondisi kontekstual, mekanisme koordinasi hasil pada platform digital. Dan dapat diketahui bahwa studi kasus pada artikel tersebut berfokus pada Taobao Alibaba sebagai studi kasus untuk mengembangkan wawasan koordinasi platform digital yang memiliki penjelasan secara rinci dan analisis yang rinci tentang kondisi kontekstual, mekanisme, dan hasil koordinasi dalam platform ini.
Tantangan Koordinasi Pada Organisasi Di Platform Digital
Tantangan koordinasi pada organisasi platform digital memiliki masalah yang kompleks yakni saat mengelola, mengkoordinasikan dan mengintegrasikan melalui teknologi atau platform digital. Adapun ada beberapa perspektif tipe berbeda dari dua perspektif yang umum yang telah diterapkan, yaitu
Pertama, dengan mempertimbangkan sisi platform digital sebagai internal agen.
Kedua, dengan membuat konsep DP sebagai organisasi tidak hanya sekedar teknologi arsitekturnya saja dari perspektif teknik, namun juga harus dapat mempetimbangkan struktural karakteristiknya.Â
oleh karena itu, salah satu tantangan utama untuk pemiliki platform ialah dengan mengkoordinasikan dua sisi platform atau lebih dari iru, dengan contoh wisatawan, tuan rumah, penyedia pengalaman atau pembeli, penjual, dan produsen konten pada platform. Pada artikel tersebut juga menjelaskan, Koordinasi mengacu pada tindakan mengelola saling ketergantungan antar kegiatan sehingga para pelaku bekerja sama secara harmonis untuk mencapai tujuan yang sama (Malone dan Crowston, 1990).
Mengkoordinasikan Sisi Platform
Salah satu penyajian masalah yang muncul ialah ketika sisi baru ditambahkan dan tindakan terkait yang diambil oleh pemilik platform. Pemahaman ini melibatkan tentang seluruh ekosistem pada teknologi tang digunakan dalam platform tersebut, serta upaya memastikan bahwa semua komponennya bekerja sama dan mencapai tujuan.
Elemen, integritas data, kompatibilitas perangkat, keamanan, skalabilitas dan peforma hal itu semua mencakup keterlibatan pada koordinasi sisi platform.Â
Disisi lain juga, pada dunia bisnis untuk mengkoordinasikan sisi platform memiliki kunci yakni dengan mengoptimalkan efisiensi operasional dan meningkatkan pengalaman pengguna platform tersebut.Â