Dalam mewujudkan pendidikan yang baik, pastinya memiliki tujuan yang harus dicapai. Salah satunya adalah terciptanya karakter yang baik pada diri peserta didik. Guru harus mampu menciptakan karakter anak bangsa melalui pendidikan karakter dimassa sekarang. Tentu saja hal ini menjadi PR untuk para guru, Bagaimana menumbuhkan karakter yang baik di peserta didik.
Kepekaan Sosial yang ada di peserta didik merupakan salah satu wujud keberhasilan dunia pendidikan yang harus digencarkan oleh guru untuk pembentukan karakter peserta didik. Kepekaan Sosial bisa menjadi inovasi untuk guru ditengah masa transisi seperti saat ini, dimana pola pembelajaran juga mengalami transisi yang semula bersifat tradisional menjadi modern.
Dengan Demikian pendidikan seharusnya lebih di arahkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menghadapi dan memecahkan problem hidup mereka, tidak hanya menguasai isi dari materi pembelajaran yang merupakan kajian keilmuan. Tidak hanya mata pelajaran PPKn dan Ilmu Sosial saja yang harus menciptakan Kepekaan Sosial. Namun, sedapat mungkin semua mata pelajaran mengarahkan peserta didik dalam meningkatkan rasa peka terhadap sekitarnya, di linhkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Sehingga kedepannya peserta didik mampu memiliki karakter yang baik untuk menhadapi perkembangan yang ada di massa sekarang.
Peserta didik harus memahami problem yang terjadi di masyarakat baik di lingkungan sekolah, keluarga, serta masyarakat. peserta didik di harapkan tidak apatis untuk peka terhadap permasalahan sosial di sekitarnya. Dalam memahami hal tersebut pastinya di butuhkan yang namanya Kepekaan Sosial. Kepekaan sosial memang harus mendapat porsi khusus di lingkungan sekitar peserta didik bertumbuh kembang. Munculnya kepekaan sosial dan kepedulian sosial tidak muncul begitu saja pada diri peserta didik. Akan Tetapi, harus ada pembimbing yang dimunculkan, baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat yang di dapatkan dari bimbingan seorang guru.
Tidak jarang di massa ini kita melihat berbagai tingkat sekolah dari mulai sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas yang turut dalam kegiatan kemanusian dan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian, dan juga bentuk sikap peka terhadap permasalahan sosial yang terjadi.
Oleh sebab itu, pembentukan karakter kepekaan sosial penting dalam dunia pendidikan.Â
SMP ISLAM SABILURROSYAD MALANG menjadi salah satu sekolah yang membentuk peserta didik nya memilii kepekaan sosial. Akan tetapi masih di jumpai beberapa peserta didik yang belum cukup memiliki rasa peka terhadap teman sekitarnya, maka dari itu konsisi seperti ini masih menajdi PR bagi guru, bagaimana guru membentuk karakter peseta didik yang peka terhadap lingkungan sekitarnya. beberapa dari siswa SMP ISLAM SABILURROSYAD MALANG masih tidak peduli, mengolok-olok teman sebayanya, dan memilih untuk tidak mau tahu tentang permasalahan sosial yang ada, serta sebagian dari mereka masih belum mengetahui bagaimana kepekaan sosial itu di implementasikan, bagaimana kepekaan sosial itu harus di tingkatkan.Â
Dengan demikian peran guru sangatlah penting dalam pembentukan kepekaan sosial dalam diri peserta didik. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Mahsiswa Universita Negeri Malang, S1 PPKn, membantu guru SMP ISLAM SABILURROSYAD MALANG untuk menumbuhkan kepekaan sosial di peserta didik. Dengan memaparkan materi seputar kepekaan sosial dan juga games yang mempraktikkan kepekaan sosial diharapkan dapat membantu peserta didik SMP ISLAM SABILURROSYAD MALANG memiliki karakter yang peka terhadap lingkungan sekitarnya, serta mampu memposisikan diri mereka untuk menhadapi permasalahan sosial yang ada baik lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H