Mohon tunggu...
Anna R.Nawaning S
Anna R.Nawaning S Mohon Tunggu... Konsultan - Writer , Sociopreneur , Traveler and Education Enthusiast

Menulis -/+ 40 buku solo dan antologi-fiksi dan non fiksi diterbitkan oleh berbagai penerbit. Sertifikasi Penulis Non Fiksi BNSP http://balqis57.wordpress.com/about

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Informasi Mudik Gratis, Pengalaman Asyik

15 April 2023   13:01 Diperbarui: 15 April 2023   13:02 823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya tidak pernah mudik gratis, karena Jakarta adalah kota kelahiran saya dan makam kedua orang tua juga di Jakarta. Ibu saya meninggal dunia tahun 2018, dan saat beliau masih ada, justru keluarga besar kami pada hari Lebaran berkumpul di rumah Ibu. 

Bahkan seringkali ART tidak mudik pada hari Idul Fitri karena alasan uangnya lebih baik digunakan untuk yang lebih bermanfaat dan ia dapat membantu Ibu beserta keluarga besar kami menerima tamu yang terus berdatangan dari pagi hingga sore.

Tahun ini saya sering membaca informasi mudik gratis. Jiwa petualangan saya meronta-ronta, ingin merasakan serba-serbi mudik gratis yang kelihatannya asyik. 

Akhirnya saya kumpulkan informasi penyelenggaraan mudik gratis. Siapa tahu tahun depan saya bisa melengkapi petualangan saya dengan mengikuti mudik gratis.

Beberapa penyelenggara mudik gratis tahun 2023 adalah :

Sumber : IG TNI AL RI
Sumber : IG TNI AL RI

1. Mudik Asyik Gratis Naik Kapal Perang
Hah?! Kebayang sekali asyik dan serunya mudik gratis dengan naik kapal perang. Mudik gratis ini diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut RI. Rutenya Jakarta, Semarang dan Surabaya. 

Peserta diperkenankan membawa motor. Asyik ya, nggak perlu macet-macetan dan di kampung halaman ada kendaraan untuk silaturahmi ke tetangga-tetangga.

2. Mudik Gratis Kementerian Perhubungan
Ada 2 moda transportasi, yakni jalur kereta api dan kapal laut. Untuk informasi lebih jelasnya, dapat dilihat di websitenya. Yakni
https://mudikgratis.dephub.go.id/

3. Mudik Gratis PT KAI
PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengadakan mudik gratis 2023, temanya "Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun