Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Rerangka Pemikiran Spiritulitas Tatianus (3)

1 Januari 2024   14:19 Diperbarui: 1 Januari 2024   15:02 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemikiran Spiritulitas Tatianus (3)

Rerangka Pemikiran Spiritualitas Tatianus (3)

Tentu saja, tiran Philaris, yang melahap bayi, yang dilukis oleh Polystratus Amprokiot, dan hingga hari ini ditampilkan sebagai pria yang luar biasa, cukup layak untuk dihormati. Masyarakat Agrigentina takut melihat penampakan pemakan manusia ini; dan orang-orang yang peduli terhadap pendidikan bangga melihat citranya. Bukankah suatu kejahatan jika Anda menghormati pembunuhan saudara karena Anda melihat gambar Polynices dan Eteocles, padahal Anda harus menguburkannya bersama pelukis Pythagoras; Hancurkan monumen kejahatan. Mengapa saya, demi Periclemen, harus menganggap dan menghargai gambaran seorang wanita yang telah melahirkan tiga puluh anak sebagai sesuatu yang ajaib;

 Seseorang harus merasa jijik terhadap orang yang membawa begitu banyak buah dari sikap tidak bertarak dan yang kemiripannya diwakili oleh orang Romawi dalam seekor babi, dihormati karena pekerjaan pelayanan suci yang sama. Mars melakukan perzinahan dengan Aphrodite, dan Andron menggambarkan kepada Anda Harmoni, yang lahir dari mereka. Sophron yang menulis omong kosong dan omong kosong semakin terkenal dengan patung tembaga yang masih ada hingga saat ini. Fabel Aesop selamanya dimuliakan tidak hanya oleh fabelnya, tetapi  oleh seni plastik Aristodamus. 

Dan bagaimana Anda tidak malu untuk memfitnah kejujuran wanita kami, ketika Anda memiliki begitu banyak wanita - penyair kosong dan tidak bermoral, begitu banyak pria kriminal; Apa gunanya bagiku jika aku mengetahui  Evanta melahirkan di Perepat, atau jika aku bertanya-tanya pada seni Callistratus, atau jika aku melihat Neera Calliades, seorang pelacur; Laida adalah wanita yang suka memilih-milih, dan Turn membuat monumen untuk pergaulan bebasnya, (Apollo)

 Mengapa pesta pora Hephaestion tidak membuat Anda malu, meskipun Philo dengan terampil menampilkan citranya; Atau mengapa Anda demi Leocharus menghormati Ganymede si hermafrodit, seolah-olah Anda memiliki sesuatu yang indah; Praxiteles  memerankan seorang wanita bejat. Akan lebih baik jika, dengan meninggalkan semua hal tersebut, engkau mencari sesuatu yang benar-benar menakjubkan; akan lebih baik jika Anda meninggalkan fiksi Philenides dan Elephantides dan tidak menjauhi cara hidup kami.

Apa yang telah saya jelaskan, saya tidak belajar dari orang lain: Saya bepergian ke banyak negara, saya sendiri terlibat sebagai seorang sofis dalam ilmu-ilmu Anda, mempelajari seni dan berbagai penemuan, dan akhirnya, ketika tinggal di Roma, saya sendiri melihat berbagai patung yang Anda dibawa ke sana. Saya tidak mencoba, seperti yang biasa dilakukan banyak orang, untuk membenarkan pendapat saya dengan pendapat orang lain, tetapi saya mengungkapkan apa yang saya lihat dan pelajari sendiri. Itulah sebabnya saya mengucapkan selamat tinggal pada kesombongan Romawi dan kefasihan Athena yang dingin, pada berbagai ajaran dan menerima filosofi barbar kami. 

Pada mulanya saya mulai mengungkapkan betapa hal ini lebih kuno daripada institusi Anda, namun untuk beberapa waktu saya menyimpang darinya, dan sekarang saya akan kembali ke refleksi atas ajaran kami. Hanya saja, jangan terbebani dengan pelajaran saya dan jangan keberatan dengan obrolan dan omong kosong, dengan mengatakan: "Tatianus lebih tinggi dari orang Hellenes, lebih tinggi dari banyak orang yang berfilsafat, dia mengikuti ajaran baru orang barbar." Apa yang salah dengan kenyataan  seseorang, seperti orang lain, mengekspos mereka dalam ketidaktahuan yang nyata; Mengapa konyol untuk selalu menjadi tua dan mempelajari segalanya, mengikuti teladan orang bijak asli Anda;

Biarlah Homer tidak lebih lambat dari perang Troya, tetapi sezaman dengannya, dan bahkan berperang dengan Agamemnon, biarlah siapa pun berpikir  dia hidup sebelum ditemukannya huruf. Ternyata Musa yang disebutkan di atas jauh lebih tua daripada penangkapan Troy, atau bahkan hidup jauh lebih awal dari pembangunan Troy dan zaman Troy dan Dardanus. Untuk membuktikan hal ini Aku akan menghadirkan orang Kasdim, Fenisia, dan Mesir sebagai saksi. Dan mengapa menyebar banyak; Orang yang mengemban tugas meyakinkan pendengar harus membicarakan kasusnya sesingkat mungkin. 

Beros orang Babilonia, seorang pendeta Bel Babilonia, sezaman dengan Alexander, yang menulis untuk Antiokhus, raja ketiga setelah Alexander, sejarah bangsa Kasdim dalam tiga buku dan menguraikan eksploitasi raja-raja, berbicara tentang salah satunya,   bernama Nebukadnezar, yang melakukan kampanye melawan Fenisia dan Yahudi . Kita tahu  perang ini telah dinubuatkan oleh para nabi kita dan terjadi jauh setelah Musa, tujuh puluh tahun sebelum Persia memerintah. Berossus adalah penulis yang cukup andal: hal ini dibuktikan dengan fakta  Juba, yang menulis tentang bangsa Asiria, mengatakan  ia mempelajari cerita tersebut dari Berossus; dan dia menulis dua buku tentang Asyur.

Setelah bangsa Kaldea, di antara bangsa Fenisia kita menemukan  mereka memiliki tiga penulis: Theodotus, Ipsicrates dan Mochus. Buku-buku mereka telah diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani oleh Het, yang  dengan cermat menulis biografi para filsuf. Buku-buku sejarah ini menceritakan tentang penculikan Eropa di bawah salah satu raja, tentang kedatangan Menelaus ke Mesir dan tentang peristiwa-peristiwa di bawah Hiram, yang mengawinkan putrinya dengan Sulaiman, raja Yudea, dan menyerahkan segala jenis kayu kepadanya. membangun sebuah kuil. Menander dari Pergamene menulis tentang hal yang sama. Namun masa hidup Hiram sudah dekat dengan Perang Troya; dan Salomo, yang hidup sezaman dengan Hiram, hidup jauh setelah zaman Musa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun