Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Persahabatan

18 Oktober 2023   22:22 Diperbarui: 18 Oktober 2023   22:59 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemiskinan gratis adalah harta yang sangat berharga!
Sungguh manis, begitu indah, membuat diri sendiri:
Berutang segalanya pada diri sendiri, segalanya pada seni rupa yang dicintainya.
Lebah sejati, dalam bakatnya, dalam perawatannya, dalam moralnya,
Mengetahui cara membangun dirinya sendiri dari sisa-sisa bunga.
Sel lilinnya, tempat perlindungan yang rajin,
Tempat kita menjalani kehidupan yang polos dan mudah;
tidak menjual lagu-lagu pujiannya kepada orang-orang hebat;
Hanya dipersembahkan kepada talenta-talenta kebajikan yang mulia,
Dan hanya kepada persahabatan yang manis dan hanya kepada kelemahan-kelemahan yang manis,
Dari belaian jujur yang bebas dan murni dupa

Biarlah orang lain iri untuk menggambarkan ingatannya;
Aku, aku perlu mencintai. Apa perlunya aku akan kejayaan,
Jika, untuk mendapatkan penampilan yang berpuas diri,
aku harus mengorbankan tahun-tahun indahku demi kebosanan belajar;
Jika perlu, selalu mengembara, tanpa ikatan, tanpa simpanan,
Menahan dalam hatiku suara masa muda,
Dan, di ranjang kosong, termakan kesunyian,
Dari malam yang sepi menunjukkan kepanjangannya.

Berbahagialah dia yang tahu bagaimana mencintai masalah besar dan oktober ini!
Sendirian dia bermimpi dalam keheningan suara arus deras
Yang mengalir deras dan bergemuruh di sepanjang bebatuan;
Pikirannya mengalir deras, terburu-buru, dan mendidih.
Di sana saya pergi ke dada saya bermeditasi di waktu luang
Lagu-lagu yang akan didengar selama berabad-abad yang akan datang;
Di sana, di malam hati Pa Lurah berani selidiki,
Orang buta ilahi ini membimbing dan mencerahkan.


 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun