Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Pramodawardhani, Rakai Pikatan

29 Mei 2023   23:17 Diperbarui: 30 Mei 2023   10:09 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pramodawardhani, Rakai Pikatan/dokpri

Aku Pramodawardhani  aku bagai kata yang liar!
Benarkah aku di sana?
Apakah ibu pertiwi menyukai ini?
Kuning abu-abu, setengah abu-abu
Dan serba tahu seperti ular?
kamu Rakai Pikatan telah kehilangan cinta.
Apakah kamu menolak unsur-unsur
Baik unsur-unsur kejahatan yang suram?
Bukan? Maka diamlah: merenggut suka cita
Nasibmu bukannya tanpa sebab

Mereka melihat apa yang tersisa.
Mata terbuka tapi kosong.
Mulut terbuka, tetapi tidak bernapas.

Duduklah, aku senang melihatmu. Buang semua rasa takut
Dan kamu bisa tetap bebas
aku memberi kamu izin. Kamu  tahu suatu hari
dan terpilih menjadi raja oleh rakyat,
Tapi itu sama saja. Mereka mengejutkan pikiranku
Semua penghargaan, balut, busur cinta ini

Bersatu menjadi satu matahari terbenam tanpa peraduannya
Dengan pandangan pertama fajar yang lembut.
Dari kehidupan yang lebih rendah ke asal
Sebentar, kesepian dalam rasa tunggal:
Menghadapi satu mata cerdas
Ambillah saudara kembar mu.

Jadi selesaikan jalanmu  yang larut malam,
Salju Gunung Sinodro yang menyengat beterbangan dari sawah kosong,
Didorong oleh badai salju yang cepat dan dahsyat,
Dan berhenti di hutan belantara,
Berkumpul dalam keheningan perak
Tempat tidur yang alam dan dingin.

Dengarkan: sudah waktunya untuk membangun cinta! kamu tahu sendiri
Waktu apa yang telah tiba;
Yang rasa tanggung jawabnya belum mendingin,
yang memiliki hati yang tidak fana,
aku dan kamu memiliki bakat, kekuatan, ketetapan dunia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun