Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Jean Paul Sartre Berpikir Melalui "Dosa"

12 Februari 2020   14:41 Diperbarui: 12 Februari 2020   14:47 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jean Paul Sartre Berpikir Melalui Dosa | Dok. pribadi

Jean-Paul Sartre adalah seorang filsuf kontemporer dan penulis Prancis. Ia dianggap mengembangkan aliran eksistensialisme. Sartre menyatakan, eksistensi lebih dulu ada dibanding esensi. Artinya, manusia akan memiliki esensi jika ia telah eksis terlebih dahulu dan esensinya itu akan muncul ketika manusia mati;

Sartre merasionalisasi seksualitas seperti halnya Plato. Rasionalisasi di sini mengacu pada cara Sartre mencoba memfasilitasi penjelasan dengan mengubah ketentuan diskusi dari konsep seksual menjadi nonseksual. Sebagai sebuah filosofi yang, di atas segalanya, menyoroti fitur-fitur keberadaan manusia yang tampaknya paling menentang penjelasan, orang akan mengharapkan eksistensialisme untuk menyoroti seksualitas sebagai kategori yang sangat penting untuk mempertimbangkan keberadaan manusia.

Descartes langsung teringat ketika seseorang berfokus pada kategori utama Sartre. Namun dalam kasus Sartre, itu bukanlah pikiran dan materi, melainkan kesadaran dan kebalikannya: "ketiadaan" dan "keberadaan". Dualisme tak teruraikan ini adalah kunci dari masalah yang dialami manusia dengan keberadaannya. Manusia berusaha mengatasi ketegangan yang tersirat oleh dualisme ini dengan mencoba berpura-pura bahwa orang bukanlah subyek melainkan objek. Sartre menyebut ini "itikad buruk." Dia mulai dengan mencoba untuk menganggap seksualitas manusia dengan serius sebagai kategori fundamental, tetapi berakhir dengan mengabaikan upaya demi pengganti lainnya.

Ketika Adam dan Hawa memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, hubungan mereka mengalami perubahan yang mencolok. Mereka mulai saling menuduh melakukan kesalahan (3: 12-13), menjadi malu (3: 7,10) dan bersikap defensif (3: 12-13). Hubungan mereka menjadi permainan zero sum of power dan dominasi (3: 16b) di mana masing-masing berusaha untuk mengakali dan mengalahkan yang lain. Pertarungan kekuatan ini diilustrasikan dengan jelas dalam Kejadian 3 dengan banyak referensi dan kiasan tentang pandangan, dan khususnya untuk melihat orang lain atau mencegah diri dari memandang:

  • Ayat 6: "Jadi, ketika perempuan itu melihat pohon itu baik untuk makanan, dan itu menyenangkan mata , dan pohon itu diinginkan untuk membuat orang bijak, dia mengambil buahnya dan makan, dan dia juga memberikan beberapa kepada suaminya yang bersamanya, dan dia makan. "
  • Ayat 7: "Lalu mata keduanya terbuka, dan mereka tahu mereka telanjang. Dan mereka menjahit daun ara bersama-sama dan membuat diri mereka cawat "untuk menyembunyikan ketelanjangan mereka dari pandangan yang lain.
  • Ayat 8: "Dan mereka mendengar suara Tuhan Allah berjalan di taman pada hari yang sejuk, dan laki-laki dan istrinya menyembunyikan diri dari hadirnya Tuhan Allah di antara pohon-pohon di taman" sehingga, seperti, mereka pikir, dia tidak bisa melihat mereka
  • Ayat 9-10: "Tetapi Tuhan, Allah memanggil manusia itu dan berkata kepadanya: Di mana kamu? Dan dia berkata, 'Saya mendengar suara Anda di taman, dan saya takut, karena saya telanjang, dan saya menyembunyikan diri.' "Melindungi diri dari pandangan orang lain di sini tampaknya merupakan cara untuk mengelola rasa bersalah dan malu.

Terkena tatapan menghakimi Allah, atau orang lain, menjadi tak tertahankan bagi Adam dan Hawa dalam perikop ini. Ini adalah kenyataan yang ditangkap dengan jelas oleh filsuf Perancis abad ke-20 Jean-Paul Sartre dalam bab Being and Nothingness-nya yang berjudul 'The gaze'.

Sartre of Being and Nothingness, hasrat hidup seseorang adalah untuk melestarikan dan menggunakan kebebasannya untuk mendefinisikan makna keberadaannya sendiri, tetapi orang lain adalah ancaman bagi otonomi itu. Ini diilustrasikan dengan jelas dalam kisah taman Sartre yang terkenal.

Ketika saya berjalan melalui taman, semua barang di taman adalah objek untuk subjektivitas saya: bunga, bangku, halaman rumput. Mereka semua menerima artinya dari saya. Tetapi kemudian saya melihat orang lain muncul dari balik pohon. Aku merasakan tatapannya, tatapannya. Saya merasa dia mendefinisikan saya, menilai saya.

Tiba-tiba, saya bukan satu-satunya subjektivitas lagi di taman. Sesuatu di taman sekarang selalu luput dari perhatian saya, yaitu makna yang dimiliki orang lain. Segala sesuatu akan memiliki baginya makna yang ia berikan kepada mereka, bukan makna yang saya berikan kepada mereka. Bahkan lebih dari itu, dalam pandangannya, saya memahami saya sendiri adalah objek untuk subjektivitasnya, sebuah objek di tamannya.

Dalam kata-kata Sartre, "[t] the other ["yang lain"] disajikan dalam arti tertentu sebagai negasi radikal dari pengalaman saya, karena ia adalah orang yang saya bukan subjek tetapi objek."   Tetapi jika saya seorang karakter dalam ceritanya, bukan dia di ceritaku, maka kebebasanku terbatas. Saya didefinisikan olehnya. Aku, kata Sartre, seorang budak.

Dengan demikian dilihat membuat saya sebagai makhluk yang tidak berdaya untuk kebebasan yang bukan kebebasan saya. Dalam pengertian inilah kita dapat menganggap diri kita sebagai "budak" sejauh kita menampakkan diri kepada Yang Lain. Tetapi perbudakan ini bukanlah hasil historis  yang mampu diatasi  dari kehidupan dalam bentuk abstrak kesadaran. Saya seorang budak sampai pada tingkat keberadaan saya bergantung pada pusat kebebasan yang bukan milik saya dan yang merupakan kondisi keberadaan saya.  Bahaya ini bukan kecelakaan tetapi struktur permanen dari keberadaan saya untuk orang lain.  

Jadi pertemuan saya di taman, dan memang setiap pertemuan antara dua orang, adalah pertarungan yang akan mengakibatkan satu pihak menjadi tuan, dan yang lainnya menjadi budak: Saya berjuang untuk membuat yang lain menjadi objek di dunia saya, dengan arti saya berikan padanya, dan dia berusaha menjadikanku objek di dunianya, dengan makna yang dia berikan padaku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun