Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Dunia adalah Tempat yang Samar-samar

11 Februari 2020   23:56 Diperbarui: 12 Februari 2020   00:06 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dunia, dan Paradoks | dokpri

Saya telah mengajar para mahasiswa "Philosophy Science"  tentang bukti-bukti yang seharusnya tentang keberadaan Tuhan, dan masalah kejahatan, dan saya sadar  mereka yang ingin mendamaikan kehendak bebas dengan keberadaan Tuhan mempunyai masalah yang agak sulit dipecahkan. dengan satu aspek dari Tuhan yang secara umum dianggap tidak dapat disangkal: Tuhan itu Maha Tahu; yaitu, Tuhan tahu segalanya (atau, jika Anda ingin menjadi sedikit lebih plin-plan tentang hal-hal: Tuhan dapat mengetahui segalanya - ia tidak perlu harus mengetahui sesuatu sampai ia ingin mengetahuinya).

Jika saya benar, para teis memiliki dua pilihan di sini: Menyerah   Tuhan itu Maha Tahu; menyerahlah anggapan bahwa kita memiliki kehendak bebas. Juga tidak ada posisi yang nyaman bagi kebanyakan teis.

Mari kita asumsikan Tuhan, sebagaimana kepercayaan kebanyakan agama, adalah maha tahu - dia tahu segalanya. Jika ini benar, maka Tuhan tahu apa yang akan saya makan untuk makan siang. Jika dia tahu apa yang akan saya makan untuk makan siang, maka ada fakta tentang apa yang akan saya makan untuk makan siang - yaitu, jika dia tahu apa yang akan saya makan untuk makan siang, maka dia bisa tertipu tentang hal itu. 

Jika Tuhan tahu saya akan makan sandwich selai kacang dan jelly untuk makan siang, maka saya akan makan  nasi padang,  dan ikan kembung untuk makan siang - Saya tiba-tiba tidak dapat mengubah pikiran saya dan makan steak Joni, karena Tuhan pasti sudah melihat yang datang dari satu mil jauhnya. Yaitu, jika saya akan makan burger vegetarian, Tuhan, mahatahu, pasti tahu saya akan melakukannya.

Apakah Anda melihat masalah di sini, ada paradoks? Saya ingin dapat mengatakan yang  dapat mengubah pikiran saya tentang makan siang. Dengan kata lain,  saya memiliki kehendak bebas tentang pilihan makan siang saya. (Memang, kata "pilihan" mengandaikan bahwa ada kehendak bebas yang terlibat di sini.) 

Tetapi jika saya tampaknya mengubah pikiran saya, ini tidak bisa menjadi pilihan sejati di alam semesta dengan Tuhan  yang mahatahu. Tidak peduli berapa banyak keputusan yang saya buat untuk masalah makan siang saya, Tuhan tahu hasil akhirnya. Dan jika Tuhan tahu hasil akhirnya, maka tidak ada pilihan dalam hal ini - makan siang saya telah ditentukan sebelumnya.

Bahkan jika kita mengambil posisi yang lebih licin Tuhan tidak perlu tahu apa yang akan saya makan untuk makan siang - kemahatahuannya adalah variasi di mana dia bisa tahu tentang makan siang saya jika dia mau - kita mengalami masalah yang sama secara gratis akan. Jika Tuhan bisa tahu apa yang akan saya makan untuk makan siang, berarti masih ada fakta tentang itu. Jika dia tahu   akan mendoan dan nasi pecel, maka dengan demikian saya tidak memiliki kehendak bebas asli di sini.

Jika Anda masih berpikir  Tuhan yang mahatahu akan mengijinkan kehendak bebas, bermainlah bersama saya dan lihat apakah Anda mengerti maksud saya, metafora dialog berikut ini:

Saya: Tuhan Maha Tahu, kan?
Anda: Yup, itulah yang mereka katakan kepada saya.
Saya: Jadi Tuhan;  tahu apa yang akan Anda makan siang, bukan?
Anda: Ya, itu menyusul.
Saya: Bisakah Anda berubah pikiran tentang apa yang akan Anda makan siang?
Anda: Sepertinya saya bisa. Ketika itu mencapai tengah hari, saya tidak dapat diprediksi!
Saya: Jadi katakanlah saya dekat dengan Tuhan, dan saya minta dia untuk menuliskan pilihan makan siang saya dalam amplop tertutup.
Anda: baik-baik saja.
Saya: Apa yang baru saja Anda pikirkan untuk makan siang?
Anda: Saya sedang memikirkan makanan mendoan dan pecel.
Saya: Oh, saya mendengar  mereka baru saja dikutip karena membuat mendoan jorok kena kaki dan kotoran tikus.
Anda: Kotor! Oke, saya berubah pikiran. Aku akan membuatkan diriku Nasi Padang.
Saya: [membuka amplop Tuhan] Memang, itulah yang ditulis Tuhan.
Anda: Jadi sudah ditentukan sebelumnya!
Saya: Yup. Anda benar-benar tidak punya pilihan dalam masalah ini.

Apa pun cara Anda mengirisnya, ada beberapa ketidakjelasan di sini. Pikiran yang lebih umum dalam filsafat adalah bahwa dunia sama sekali tidak jelas - dunia sangat tepat (rambut longgar entah milik Pinky), segala sesuatu adalah apa pun itu, dan apa pun ketidakjelasan yang ditemui manusia hanyalah masalah ketidaktepatan manusia. Baik fakultas yang menghasilkan pengetahuan kita atau fakultas bahasa kita (atau keduanya, jika ada perbedaan), tidak sempurna, dan tidak mampu menemukan / mewakili kesempurnaan dunia.

Tapi ada kemungkinan lain: Dunia itu sendiri adalah tempat yang samar , dan, bahkan jika kita memiliki fakultas penghasil pengetahuan yang sempurna, kita masih akan bergumul dengan masalah ketidakjelasan, karena masalah itu tertanam dalam jalinan alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun