Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Bunga Melati

2 Desember 2019   01:49 Diperbarui: 2 Desember 2019   01:54 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana kesopanan tampaknya menutupi dosa,
Ketika apa yang dilakukan seperti orang munafik,
Yang baik dalam apa-apa selain di depan mata!
Jika benar saya mengartikan salah,
Kalau begitu yakin kau tidak seburuk itu
Seperti inses busuk untuk menyalahgunakan jiwa mu;
Di mana sekarang Anda berdua ayah dan anak,
Dengan ikatan sebelum waktunya dengan anak mu,
Kesenangan mana yang cocok untuk seorang suami, bukan seorang ayah;
Dan dia pemakan daging ibunya,
Dengan mencemari tempat tidur orang tuanya;
Dan keduanya seperti ular, yang meskipun mereka makan
Pada bunga yang paling manis, namun mereka bisa berkembang biak.
Bunga Melati, selamat tinggal! karena kebijaksanaan melihat, orang-orang itu
Tidak dalam tindakan lebih gelap dari malam,
Tidak akan menghindari kursus untuk menjaga mereka dari cahaya.
Satu dosa, saya tahu, yang lain memancing;
Pembunuhan sedekat nafsu seperti api untuk merokok:
Racun dan pengkhianatan adalah tangan dosa,
Bunga Melati, dan targetnya, untuk menunda rasa malu:
Kemudian, jangan sampai kebohongan saya dipangkas untuk membuatmu tetap jelas,
Dengan penerbangan aku akan menghindari bahaya yang aku takuti.

Bukankah peti mati yang mulia ini disimpan dengan penyakit:
Tapi aku harus memberitahumu, sekarang pikiranku memberontak
Karena dia bukan manusia yang ditunggu kesempurnaan
Bahwa, mengetahui dosa di dalam, akan menyentuh pintu gerbang.
Anda adalah pelanggaran yang adil, dan Anda merasakan apa yang terjadi;
Siapa, yang akan menjadikan manusia musiknya halal,
Akan menarik surga ke bawah, dan semua dewa, untuk didengarkan:
Tapi dipermainkan sebelum waktumu,
Neraka hanya menari-nari di lonceng yang begitu keras.
Senang, aku tidak peduli padamu.

Saya bukan ular beludak, namun saya memberi makan
Pada daging ibu yang membuat saya berkembang biak.
Saya mencari seorang suami, di mana tenaga kerja
Saya menemukan kebaikan itu pada seorang ayah:
Dia ayah, anak, dan suami yang lembut;
Saya ibu, istri, dan anaknya.
Bagaimana mungkin, namun dalam dua,
Fisik yang tajam adalah yang terakhir: tetapi, O, kamu berkuasa
Itu memberi surga banyak mata untuk melihat tindakan manusia,
Kenapa awan mereka tidak melihat mereka selamanya,
Jika ini benar, yang membuat saya pucat membacanya?
Segelas cahaya yang adil, aku mencintaimu, dan masih bisa sebelum binasa,

Dia telah menemukan artinya, yang kita maksudkan
Memiliki kepalanya.
Dia tidak harus hidup untuk meneriakkan keburukanku,
Juga tidak memberitahu dunia   melakukan dosa
Dengan cara membenci seperti itu;
Dan oleh karena itu seketika pangeran ini harus mati:
Karena dengan kejatuhannya kehormatan saya harus tetap tinggi.
Siapa yang mendatangi kita di sana?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun