Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Manusia adalah Yatim Piatu Kosmik [1]

6 November 2019   13:25 Diperbarui: 6 November 2019   13:26 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manusia, adalah Yatim Piatu Kosmik [1]

Manusia, adalah Yatim Piatu Kosmik. Dia adalah satu-satunya makhluk di alam semesta yang bertanya, "Kenapa; "Hewan lain memiliki naluri untuk membimbing mereka, tetapi manusia telah belajar untuk mengajukan pertanyaan [5W, dan 1 H] atau Who, What, When, Where, Why, and How."atau pertanyaan misalnya "Siapa saya; ".

"Kenapa aku di sini;  Kemana aku pergi;" Sejak Pencerahan, ketika ia melepaskan belenggu agama, manusia telah mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini tanpa merujuk kepada Tuhan. Tetapi jawaban yang datang tidak menggembirakan, tetapi gelap dan mengerikan.

"Kamu adalah produk sampingan alam yang tidak disengaja, akibat dari materi ditambah waktu plus kebetulan. Tidak ada alasan untuk keberadaanmu. Yang kamu hadapi adalah kematian." Sampai Albert Camus menyatakan "Saya tidak percaya pada Tuhan dan saya bukan ateis."

Manusia modern berpikir   ketika dia telah menyingkirkan Tuhan, dia telah membebaskan dirinya dari semua yang menekan dan menahannya. Sebaliknya, ia menemukan   dalam membunuh Tuhan, ia  bunuh diri. Karena jika tidak ada Tuhan, maka kehidupan manusia menjadi tidak masuk akal.

Jika Tuhan tidak ada, toh manusia dan alam semesta pasti akan mati. Manusia, seperti semua organisme biologis, harus mati. Tanpa harapan keabadian, kehidupan manusia hanya mengarah ke kubur atau ke krematorium.

Hidupnya hanyalah percikan debu kosmis dalam kegelapan yang tak terbatas, percikan yang muncul, berkedip, dan mati selamanya. Karena itu, setiap orang harus berhadapan muka dengan apa yang oleh teolog Paul Tillich disebut sebagai "ancaman ketidakberadaan".

Karena walaupun saya tahu sekarang   saya ada,   saya hidup, saya  tahu   suatu hari nanti saya tidak akan ada lagi,   saya tidak akan lagi ada,   saya akan mati. Pikiran ini mengejutkan dan mengancam: untuk berpikir   orang yang saya sebut "diri saya" akan tidak ada lagi,   saya tidak akan ada lagi!

Saya ingat dengan jelas pertama kali ayah saya memberi tahu saya   suatu hari nanti saya akan mati. Entah bagaimana sebagai seorang anak pikiran itu tidak pernah terpikir olehku. 

Ketika dia memberi tahu saya, saya dipenuhi dengan ketakutan dan kesedihan yang tak tertahankan. Dan meskipun dia berulang kali mencoba meyakinkan saya   ini masih jauh, itu tidak masalah. Entah cepat atau lambat, fakta yang tak terbantahkan adalah   saya akan mati dan tidak lagi, dan pikiran itu membanjiri saya.

Akhirnya, seperti manusia semua, saya tumbuh untuk sekadar menerima fakta. Manusia semua belajar untuk hidup dengan yang tak terhindarkan. Namun wawasan anak tetap benar. Seperti yang diamati oleh eksistensialis Prancis Jean-Paul Sartre, beberapa jam atau beberapa tahun tidak ada bedanya begitu Anda telah kehilangan keabadian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun