Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kuliah 1: Nobel Bidang Sastra 2017 Kazuo Ishiguro

29 Juli 2019   21:36 Diperbarui: 30 Juli 2019   10:15 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semua kuliah nobel dalam semua bidang sudah pernah saya baca sampai rata-rata 6 kali. Pemberian dilakukan antara 1901 dan 2018, Hadiah Nobel dan Hadiah Ilmu Ekonomi diberikan 590 kali kepada 935 orang dan organisasi.

Dengan beberapa orang menerima Hadiah Nobel lebih dari sekali, ini membuat total 904 individu dan 24 organisasi. Tidak mudah memang, dan melelahkan. Tujuan saya membaca Kuliah dalam Hadiah Nobel, adalah ingin mengetahui sejauhmana penggunaan dan benang merah pemikiran peraih hadiah nobel dengan gagasan pemikiran Yunani, terutama pemikiran Socrates, Platon, dan Aristotle.

Pada tulisan ini saya menyajikan secara random kuliah umum tersebut terutama dalam bidang sastra, pada tahun 2017 yang diberikan kepada Kazuo Ishiguro. Sir Kazuo Ishiguro OBE FRSA FRSL (lahir 8 November 1954) adalah seorang novelis Inggris, penulis skenario, dan penulis cerita pendek.

Dia lahir di Nagasaki , Jepang, tetapi keluarganya pindah ke Inggris pada tahun 1960 ketika dia berusia lima tahun. Ishiguro lulus dari University of Kent dengan gelar sarjana dalam bidang Bahasa Inggris dan Filsafat pada tahun 1978 dan memperoleh gelar master dari program penulisan kreatif Universitas East Anglia pada tahun 1980.

Ishiguro dianggap sebagai salah satu penulis fiksi kontemporer paling terkenal di dunia berbahasa Inggris, setelah menerima empat nominasi Man Booker Prize , dan telah memenangkan penghargaan pada tahun 1989 untuk novelnya The Remains of the Day . Novel Ishiguro 2005, Never Let Me Go , dinamai oleh Time sebagai novel terbaik tahun ini, dan dimasukkan dalam daftar majalah dari 100 novel berbahasa Inggris terbaik yang diterbitkan antara 1923 dan 2005.

Tumbuh dalam keluarga Jepang di tahun Inggris sangat penting untuk tulisannya, karena memungkinkannya, katanya, untuk melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda dengan banyak rekan-rekannya di Inggris. Pada tahun 2017, Akademi Swedia memberikan Ishiguro Hadiah Nobel dalam Sastra , menggambarkan dia dalam kutipannya sebagai penulis "yang, dalam novel-novel dengan kekuatan emosional yang besar, telah menemukan jurang di bawah rasa ilusi kita tentang koneksi dengan dunia".

Berikut ini adalah kuliah umumTo cite this section MLA style: The Nobel Prize in Literature 2017.NobelPrize.org. Nobel Media AB 2019. Mon. 29 Jul 2019. https://www.nobelprize.org/prizes/literature/2017/summary/

Jika Anda menemukan saya pada musim gugur 1979, Anda mungkin mengalami kesulitan menempatkan saya, secara sosial atau bahkan rasial. Saya berumur 24 tahun. Wajahku akan terlihat seperti orang Jepang, tetapi tidak seperti kebanyakan pria Jepang yang terlihat di Inggris pada masa itu, aku memiliki rambut di pundakku, dan kumis bergaya bandit yang terkulai.

Satu-satunya aksen yang dapat dilihat dalam pidato saya adalah seseorang yang dibesarkan di daerah selatan Inggris, yang kadang-kadang dipengaruhi oleh bahasa yang lesu, yang sudah kuno dengan zaman Hippie.

Jika kami berbicara, kami mungkin telah mendiskusikan Total Footballers of Holland, atau album terbaru Bob Dylan, atau mungkin tahun yang saya habiskan bekerja dengan para tunawisma di London. Seandainya Anda menyebut-nyebut Jepang, bertanya kepada saya tentang budayanya, Anda bahkan mungkin telah mendeteksi jejak ketidaksabaran masuk ke cara saya ketika saya menyatakan ketidaktahuan saya dengan alasan bahwa saya tidak menginjakkan kaki di negara itu  bahkan untuk liburan - sejak meninggalkan itu pada usia lima tahun.

Musim gugur itu saya tiba dengan ransel, gitar, dan mesin tik portabel di Buxton, Norfolk - sebuah desa Inggris kecil dengan pabrik air tua dan ladang pertanian datar di sekitarnya. Saya datang ke tempat ini karena saya diterima di program Menulis Kreatif pascasarjana satu tahun di University of East Anglia. Universitas itu sepuluh mil jauhnya, di kota katedral Norwich, tetapi saya tidak punya mobil dan satu-satunya cara saya menuju ke sana adalah dengan menggunakan layanan bis yang beroperasi hanya sekali di pagi hari, sekali saat makan siang dan sekali di malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun