Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Episteme Reid [10]

3 Februari 2019   22:31 Diperbarui: 3 Februari 2019   23:01 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Thomas Reid  (1710-1796) menyusun pemikiran episteme tentang "Objek Yang Tidak Ada". Thomas Reid percaya kita dapat membayangkan objek yang tidak ada. Ini tampaknya tidak sesuai dengan dugaan filsafat akal sehatnya.

Pendekatan terbaik untuk memahami mengapa Thomas Reid mengatakan kita dapat membayangkan benda-benda yang tidak ada adalah dengan menempatkan ini dalam konteks oposisi terhadap skeptisisme. 

Dalam menghadapi skeptisisme 'tabir konsepsi', Thomas Reid bertekad untuk mempertahankan transparansi dan pengetahuan diri dari pikiran kita. Ini membuatnya berargumen bahwa kita dapat membayangkan objek fiksi yang tidak ada: "Saya mengandung centaur. Konsepsi ini adalah operasi pikiran, yang saya sadari, dan dapat saya hadiri.

Satu-satunya objek itu adalah centaur, binatang yang saya percaya, tidak pernah ada. Misalkan ketika saya pikir saya mengandung centaur, saya membayangkan sesuatu yang lain, seperti gambar centaur. 

Jika demikian, maka saya tidak tahu isi pikiran saya. Ini menghasilkan skeptisisme tentang isi pikiran saya, yang menurut Thomas Reid salah. Jadi, dengan reductio menyimpulkan bahwa kita dapat membayangkan objek yang tidak ada. 

Asal usul legenda kentaur adalah legenda tersebut muncul atas reaksi dari bangsa yang bukan penunggang kuda, seperti dunia Aigea Minoa, terhadap kaum nomad yang menunggang kuda. Kata kentauros dalam bahasa Yunani secara umum dianggap memiliki asal usul yang tidak jelas. Pada Mitologi Yunani Kuna, kentaur ("Kntauros") atau Hippokentauradalah makhluk yang berwujud setengah manusia setengah kuda. Dalam kebudayaan Yunani Kuna, kentaur digambarkan berupa bagian belakang kuda yang menyatu dengan tubuh manusia yang utuh.

Klaim faktual saya tahu apa yang saya pikirkan tampaknya benar-benar benar sejauh siapa pun yang akrab dengan makna 'centaur' ketika membaca kalimat yang menunjukkan sifat-sifat centaur. Teori-teori pemikiran representasional seperti Way of Ideas menyiratkan dalam kasus ini bahwa saya tidak memahami centaur tetapi saya membayangkan representasi mental centaur gambar-gambar mereka atau kata-kata tentang mereka.

Thomas Reid menyatakan sesuatu yang berbeda: Saya membayangkan centaur itu sendiri bukan representasi mental centaur. Thomas Reid memahami teori kesalahan Way of Ideas tentang konsepsi centaur: "[Pendukung Way of Ideas] mengatakan, saya tidak dapat membayangkan centaur tanpa memiliki ide tentang itu dalam pikiran saya, bahwa idenya adalah gambar  hewan, dan merupakan objek langsung pada konsepsi saya, dan hewan adalah objek perantara atau jauh. 

"Thomas Reid pertama menjawab bahwa ketika dia introspeksi hanya menyadari satu objek konsepsi, tidak dua. Kedua, objek konsepsi, bukan gambar binatang  itu binatang. 

Saya tahu apa artinya membayangkan gambar binatang, dan apa artinya membayangkan hewan. Benda yang saya bayangkan adalah tubuh dengan sosok dan warna tertentu, memiliki kehidupan dan gerakan spontan. Sang filsuf mengatakan, idenya adalah gambar binatang; tetapi tidak memiliki tubuh, warna, kehidupan, atau gerakan spontan. Ini saya tidak bisa memahaminya.

Bahkan dalam kasus sulit pemikiran tentang hal-hal seperti centaur atau lingkaran konten yang disengaja sangat transparan dalam refleksi sesaat sehingga dapat mengidentifikasi   tanpa kesalahan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun