PENULISÂ :Â BAKHIS OLGA SANI , VERA SARDILAÂ
PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
PENDAHULUAN
KURIKULUM MERDEKA MERUPAKAN LANGKAH INOVATIF PEMERINTAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN MEMBANTU SISWA MENGEMBANGKAN POTENSI MEREKA SECARA MAKSIMAL.Â
KURIKULUM INI DI DESAIN UNTUK MEMBERIKAN KEBEBASAN LEBIH KEPADA SEKOLAH, GURU,DAN SISWA DALAM MERANCANG PROSES PEMBELAJARAN YANG RELEVAN, INKLUSIF, DAN FLEKSIBEL SESUAI KEBUTUHAN PESERTA DIDIK.
1. PRINSIP DASAR KURIKULUM MERDEKAÂ
KURIKULUM MERDEKA BERTUMPU PADA TIGA PRINSIP UTAMA :Â
FLEKSIBILITAS : GURU DIBERIKAN KEBEBASAN DALAM MENENTUKAN METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SISWA DAN KONTEKS LOKAL .Â
BERPUSAT PADA MURID : KURIKULUM INI MENGUTAMAKAN PENGEMBANGAN POTENSI INDIVIDU SISWA, DENGAN MENEKANKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ( PROJECT-BASED LEARNING).
PENYEDERHANAAN MATERI: FOKUS DIBERIKAN PADA MATERI ESENSIAL SEHINGGA SISWA MEMILIKI WAKTU LEBIH UNTUK MENDALAMI PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN KOMPETENSI MEREKA.
Â
2. PENDEKATAN DALAM KURIKULUM MERDEKAÂ
KURIKULUM MERDEKA MEMPERKENALKAN BEBERAPA PENDEKATAN BARU YANG BERTUJUAN MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN:Â
PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5): MELALUI PROYEK INI, SISWA DIAJAK UNTUK MENGEKSPLORASI ISU - ISU GLOBAL DAN LOKAL, SEPERTI KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN BUDAYA, GUNA MEMPERKUAT KARAKTER DAN KETERAMPILAN ABAD KE 21.Â
DIFERENSIASI PEMBELAJARAN: SISWA DIBERIKAN PENGALAMAN BELAJAR YANG SESUAI DENGAN KEMAMPUAN, MINAT,Â
DAN BAKAT MEREKA.Â
ASESMEN BERBASIS KOMPETENSI: PENILAIAN DILAKUKAN UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN SISWA SECARA HOLISTIK,Â