RUANG LINGKUP BAHAN AJARÂ
(DEFINSI, URGENSI, RAGAM DAN BENTUK BAHAN AJAR)
DEFINISI BAHAN AJAR
Dalam rangkaian pendidikan, salah satu tugas pendidik dalam proses belajar mengajar adalah menyediakan suasana yang menyenangkan. Dan salah satu cara membuat pelajaran yang menyenangkan adalah menggunakan bahan ajar yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Terkait dengan hal tersebut, perlu adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan:
- Kebutuhan siswa
- Tuntunan kurikulum, dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang ada dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan
- Karakteristik sasaran, disesuaikan dengan lingkungan kemampuan, minat dan latar belakang siswa
- Pemecahan masalah dalam belajar
Bahan ajar dalam perangkat pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Tentunya bahan ajar ini menjadi salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menurut National Center for Cmpetency Based Training bahan ajar adalah semua bentuk yang digunakan dalam membantu guru untuk melaksanakan proses pembelajaran.
Berikut beberapa definisi bahan ajar menurut para ahli
Bahan ajar adalah medium untuk mencapai tujuan pengajaran dan meerupakan materi yang terus berkembang secara dinamis sesuai kemajuan dan tuntutan masyarakat (Sobry, 2007)
Bahan ajar merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar yang berkaitan dengan tujuan serta menentukan dalam kegiatan belajar mengajar (Hamalik,
Bahan ajar (learning materials) adalah sesuatu yang menjadi isi kurikulum yang harus dikuasai pembelajar dengan rangka mencapai kompetetensi dasar. (Sanjaya, 2015)
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar merupakan salah satu bagian terpenting dalam perangkat pembelajaran, yang berupa materi dari kurikulum yang harus dikuasai siswa guna mencapai keberhasilan belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Â
URGENSI BAHAN AJAR