ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELA II SDN 31 MATARAM
Â
Â
Latifa Yaza Lestari1, Nih Luh Putu Revita Wiasti Putri2Â
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram, Kota Mataram
 E-mail: latifalyl663@gmail.com, revitawiasti@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas II SDN 31 Mataram, khususnya pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bersusun panjang. Berdasarkan observasi awal, banyak siswa yang hasil belajarnya berada di bawah standar kompetensi minimal (KKM), yang berpotensi menghambat kemampuan mereka dalam memahami materi matematika yang lebih kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian dua siswa, yaitu siswa P dan H, yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes diagnostik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar penjumlahan dan pengurangan bersusun panjang, seperti membedakan angka puluhan dan satuan, serta teknik penguraian angka.
Â
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Siswa SD
Â