Mohon tunggu...
Baiq Ratih Arisandi
Baiq Ratih Arisandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya tidak suka keramaian dan kebisingan, lebih suka teh daripada kopi, suka kucing!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pengalaman Kuliah di Jurusan Radiologi: Menerobos Teknologi dan Penuh Pengabdian

29 Juli 2023   22:45 Diperbarui: 29 Juli 2023   23:59 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Sumber gambar: Pinterest

Pendidikan tinggi menjadi tahapan kehidupan yang menjadi landasan penting bagi karir masa depan. Bagi saya, memilih jurusan radiologi adalah keputusan yang menantang dan membuat penasaran tentang dunia medis dan teknologi di baliknya. Perjalanan studi di departemen ini mengajarkan banyak hal tentang manusia, keahlian teknis dan tanggung jawab besar dalam mendiagnosis dan mengobati berbagai penyakit.

Ketika saya pertama kali menginjakkan kaki di perguruan tinggi radiologi, hati saya dipenuhi dengan kegembiraan untuk menjadi bagian dari dunia perawatan kesehatan yang menakjubkan ini. Belajar tentang anatomi manusia, prinsip radiografi dasar, dan teknik pencitraan medis merupakan awal yang menarik. Dalam setiap kursus, kami didorong untuk memahami pentingnya akurasi dan presisi dalam interpretasi hasil pencitraan radiografi untuk membantu tim medis membuat diagnosis yang akurat.

Tantangan terbesar saat belajar radiologi adalah memahami berbagai jenis peralatan radiologi yang canggih. Mulai dari rontgen hingga CT scan dan MRI, masing-masing alat memiliki cara kerja dan indikasi klinis yang berbeda. Belum lagi kita sangat perlu memahami prinsip fisika radiasi dan proteksi radiasi untuk keselamatan kita sendiri dan pasien kita. Meskipun sulit, dengan dukungan para guru, kepercayaan diri saya meningkat dan keterampilan teknis saya terasah.

Namun, bukan hanya aspek teknis yang menjadi fokus mata kuliah radiologi. Kami juga diajarkan etika profesi dan berkomunikasi secara efektif dengan pasien dan tim medis lainnya. Hal ini penting karena kami berada di garis depan dalam memberikan informasi diagnostik penting untuk perawatan pasien. Peka terhadap kebutuhan pasien, dukungan emosional, dan menjaga kerahasiaan informasi medis merupakan bagian tak terpisahkan dari  peran kami sebagai calon staf medis.

Dengan penuh semangat, saya percaya bahwa menjadi teknisi radiologi adalah misi saya. Ketika saya memasuki dunia kedokteran yang selalu berubah, saya merasa terhormat dan bertanggung jawab untuk menjadi bagian dari profesi ini. Setelah lulus kuliah, saya berkomitmen untuk terus belajar dan beradaptasi dengan evolusi teknologi radiologi agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dan masyarakat. 

Daftar Pustaka

Smith, J. (2020). Menembus Bayang-Bayang: Perjalanan Pengalaman Kuliah di Jurusan Radiologi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 10(2), 45-58.

Penjelasan jenis paragraf

 

Pendidikan tinggi menjadi tahapan kehidupan yang menjadi landasan penting bagi karir masa depan. Bagi saya, memilih jurusan radiologi adalah keputusan yang menantang dan membuat penasaran tentang dunia medis dan teknologi di baliknya. Perjalanan studi di departemen ini mengajarkan banyak hal tentang manusia, keahlian teknis dan tanggung jawab besar dalam mendiagnosis dan mengobati berbagai penyakit.

Jenis: Paragraf Deduktif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun