Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg
Lawrence Kohlberg adalah seorang profesor di Universitas Chicago dan Universitas Harvard. Ia dikenal karena karyanya dalam pendidikan, penalaran, dan perkembangan moral. yang berfokus pada bagaimana individu memahami dan menilai konsep moralitas seiring dengan bertambahnya usia. Teori ini merupakan pengembangan dari pekerjaan Jean Piaget mengenai penalaran moral pada anak-anak.
Kohlberg mengusulkan bahwa perkembangan yang berfokus pada bagaimana individu memahami dan menilai konsep moralitas seiring dengan bertambahnya usia. Teori ini merupakan pengembangan dari pekerjaan Jean Piaget mengenai penalaran moral pada anak-anak.Â
1. pra-konvensional
 Tahap 1: Orientasi Hukuman dan Ketaatan.
Pada tahap ini, anak-anak menilai tindakan berdasarkan konsekuensi fisik yang dapat terjadi. Moralitas dilihat dalam konteks menghindari hukuman.
Tahap 2: Orientasi Instrumental-Relativis
Anak-anak mulai memahami bahwa tindakan yang benar adalah yang dapat memenuhi kebutuhan pribadi. Pertukaran yang adil dan keuntungan pribadi menjadi dasar penilaian moral.
Tingkat Konvensional
 2. konvensionalÂ
 Tahap 3: Orientasi Anak Baik