Minat belajar siswa merupakan faktor utama keberhasilan suatu pembelajaran. Semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan suatu pembelajaran. Matematika merupakan mata pelajaran yang masih sering kali dianggap sulit dan kurang menarik bagi sebagian besar siswa. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain metode pengajaran yang kurang inovatif dan interaktif. Akibatnya, minat belajar siswa terhadap matematika masih rendah dan berdampak negatif pada hasil belajar mereka.
Pada zaman modern ini, perkembangan teknologi semakin pesat, semua akses dapat dilakukan dengan mudah khususnya akses di bidang pendidikan. Tenaga pendidik atau guru dapat dengan mudah mengakses segala informasi terbaru yang mempermudah mereka dalam  proses belajar mengajar. Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi akan sangat membantu dalam menarik minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang efisien, mudah dan cepat di gunakan adalah Quizizz. Quizziz merupakan suatu platform pembelajaran yang menawarkan berbagai fitur untuk menjadikan pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan interaktif.
Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Matematika
Menurut sebagian besar siswa, matematika adalah ilmu yang hanya mempelajari hitung-hitungan, rumus dan simbol-simbol. Siswa beranggapan bahwa matematika adalah ilmu yang kaku, sulit, tidak menarik dan tidak menyenangkan. Untuk itu, kebanyakan siswa kurang berminat pada mata pelajaran matematika, ini merupakan permasalahan serius yang bisa terjadi dalam proses pembelajaran matematika karena akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diperkuat oleh Hamid, (2024) dalam penelitiannya tentang analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, ia mengatakan bahwa kurangnya antusiasme siswa dalam belajar matematika menjadi akar permasalahan pembelajaran mereka. Menurut Salo, (2023). Faktor penyebab kurang aktif dalam pembelajaran itu dipengaruhi oleh minat, cara belajar siswa, motivasi, dampingan orang tua, lingkungan sekitar, dan kesehatan siswa. Dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa minat belajar siswa benar-benar memegang peran penting atas keberhasilannya suatu pembelajaran.
Penyebab Kurangnya Minat Belajar Siswa pada Matematika
Menurut Putri, (2019). Kurangnya minat belajar siswa pada matematika dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa, faktor internal terdiri dari aspek fisiologis dan aspek psikologis. Aspek psikologis lebih mendominasi daripada aspek fisiologis, aspek psikologis terdiri dari perhatian siswa, tingkat kecerdasan, dan sikap siswa terhadap pembelajaran. Kemudian aspek fisiologis terdiri dari kondisi fisik siswa (kebugaran/kesehatan tubuh siswa). Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar, meliputi: cara guru mengajar, sikap, perhatian, dan cara didikan orang tua, serta fasilitas dalam pembelajaran.
Solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada matematika
Menurut Yolanda,  (2021) dalam Listyoningrum  (2023). Terdapat beberapa indikator minat belajar siswa diantaranya yaitu : (1) merasa senang dan terdorong mengikuti pembelajaran, (2) siswa punya rasa tertarik dalam belajar dan proses belajar, (3) terlibat aktif dalam pembelajaran, (4) memiliki perhatian yang besar dalam pembelajaran. jika siswa mempunyai minat belajar yang besar, mereka akan merasa senang dan lebih memperhatikan pembelajaran. Dores, (2019) dalam Listyoningrum  (2023). Mengatakan apabila materi ajar yang dijelaskan guru tidak sesuai minat siswa, siswa menjadi tidak sungguh-sungguh dalam belajar, dikarenakan tidak adanya pemicu yang memberi rangsangan pada siswa agar siswa tertarik untuk belajar. Untuk itulah diperlukan alat peraga yang menyenangkan dan interaktif dalam pelajaran agar dapat membantu siswa memvisualisasikan objek abstrak yang sulit dibayangkan, dan dapat mempermudah siswa dalam memahami topik pelajaran serta mampu merangsang semangat belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Rahma & Nurhayati, (2021) Mengatakan media interaktif telah dirancang khusus, sehingga tampilannya dapat memberikan informasi dan membuat adanya interaktivitas antara siswa dengan medianya. Karakteristik dari media pembelajaran interaktif itu sendiri yakni melibatkan siswa sebagai pengguna medianya, sehingga dengan media interaktif siswa jadi dapat meningkatkan minat belajarnya. Dengan menggunakan media interaktif mampu menolong siswa untuk mempermudah pemahaman materi yang dijelaskan guru. Siswa juga merasa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan timbul rasa tertarik serta bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media interaktif.
Zhao, (2019) dalam Listyoningrum  (2023).  Mengatakan bahwa media pembelajaran interaktif yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran salah satunya yakni dengan penggunaan Quizizz. Quizizz merupakan webtool berbasis pendidikan yang membuat seluruh siswa dikelas dapat ikut serta bermain bersama dalam kegiatan pembelajaran. Quizizz memiliki dua fitur utama yaitu fitur  Lesson dan fitur Quiz. Fitur Lesson memiliki keunggulan yang berbeda dari media interaktif lainya karena fitur Lesson dilengkapi dengan teks, gambar, suara, dan video untuk membuat materi ajar serta dapat mengkombinasikan dengan pemberian umpan balik berupa kuis di dalam slide materi dengan bentuk pilihan ganda, poling, jawaban singkat, pertanyaan terbuka, dan menggambar. Media interaktif Quizizz ini dapat membuat ketertarikan siswa dalam pembelajaran, dapat membuat siswa memahami hubungan mata pelajaran dengan kehidupan sehari-harinya melalui gambar-gambar yang disajikan, agar objek-objek abstrak yang sulit dapat dibayangkan dengan mudah. Maspupah & Wulan, (2021) dalam Wijayanti, (2021). Mengatakan bahwa untuk fitur Quiznya dapat dipergunakan sebagai media evaluasi dengan mengadakan kuis pertanyaan di akhir pembelajaran diakhir pembelajaran dari bahan materi yang telah diajarkan, fitur Lesson ini juga dapat digunakan dalam pembelajaran online dari rumah ataupun secara tatap muka di sekolah. Penggunaanya mudah dan cukup nyaman, tidak diperlukan kouta internet yang besar dan tempat penyimpanan yang besar untuk mengunduh.
Pendidik lebih mudah mengetahui mana siswa yang sudah dan mana siswa yang belum memahami materi, dengan melihat kuis yang diletakkan di sela-sela slide pemaparan materi para fitur Lesson. Pendidik bisa melanjutkan pemaparan materi ke slide selanjutnya apabila siswa sudah memahami materi yang disampaikan. Siswa dapat belajar sambil bermain dengan menjawab kuis secara bersama-sama, kemudian siswa dapat melihat peringkat hasil dari yang telah dikerjakan. Penggunaan Quizziz sebagai media pembelajaran interaktif terbukti mampu berhasil menjadi solusi dari permasalahan kurangnya minat belajar siswa. Nyatanya penggunaan Quizziz memberikan kesan yang menyenangkan bagi siswa, kelas menjadi nyaman dan minat belajar siswa pada matematika meningkat. Hal ini diperkuat dengan melihat hasil penelitian dari Listyoningrum (2023) yang mengatakan bahwa ada efektivitas penggunaan Quizizz sebagai media interaktif terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar pada pelajaran matematika. Minat belajar siswa pada pelajaran matematika semakin meningkat, siswa terlihat aktif dalam pembelajaran, fokus perhatian siswa lebih lama dalam pembelajaran, siswa terlihat merasa senang mengikuti pembelajaran dan timbul rasa tertarik dalam pembelajaran jika menggunakan Quizizz dengan fitur Lesson. Hal yang sama juga dapat dibuktikan pada minat belajar siswa SMA dalam pembelajaran Matematika melalui penelitian yang dilakukan oleh Suryanti & Taufik (2022) ditemukan bukti bahwa secara umum penggunaan Quizizz memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran. Siswa menganggap Quizizz adalah aplikasi yang mudah digunakan. Selain itu, penggunaan Quizizz selama proses pembelajaran juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang sudah dan akan dipelajari di kelas. Siswa juga merasa puas dengan penggunaan Quizizz selama pembelajaran dan merasa bahwa Quizizz merupakan aplikasi yang menyenangkan. Siswa menjadi lebih tertarik dan merasa bahwa dengan Quizizz belajar matematika yang biasanya membosankan menjadi lebih menyenangkan.
Referensi :
Hamid, Nurqiyamah. 2024."Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII UPT SMPN 4 Binamu", 6(2), 13543.
Listyoningrum, dkk. 2023. "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar". Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4609.
Putri, Bela Bekti Amalia. 2019. "Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumilang". Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 73.
Rahma, & Nurhayati. 2021. "Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika". Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1), 38-41.
Salo, Eky Setiawan. 2023. " Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran Kelas IV SD Negeri 06 Sesean". Prosiding Seminar Nasional PGSD UKI Toraja 2023.