Talun, (10/02/2023) -- Pelayanan administrasi di desa Talun selama ini hanya melalui kantor desa dan dilakukan secara langsung kepada para perangkat desa. Pelayanan seperti ini dinilai kurang efektif karena pelayanannya tergantung pada kehadiran dari para perangkat desa. Sehingga membuat pelayanan administrasi banyak dilakukan diluar jam kerja operasional dan diluar kantor desa.
Pelayanan secara online merupakan solusi dari permasalahan yang ada di Desa Talun. Dengan adanya pembaruan pelayanan administrasi secara online, kinerja para perangkat desa dapat meningkat dan lebih efektif. Masyarakat dapat memperoleh informasi apa saja yang diperlukan dalam pelayanan yang akan dilakukan dan dapat membuat permohonan pelayanan administrasi kepada para perangkat desa melalui pendaftaran online.
Proses pengerjaan pelayanan online ini dimulai dari minggu ke-3 dengan mewawancarai para perangkat desa mengenai pelayanan yang disediakan serta alur yang harus dilakukan. Kemudian dilanjutkan dengan membuat dan menyusun poster alur pelayanan yang akan ditempel pada papan informasi yang tersedia. Dilanjutkan dengan membuat QR Code untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi alur pelayanan serta pendaftaran secara online.
Penyerahan poster alur pelayanan dilakukan bersamaan dengan sosialisasi penggunaan dan pemanfaatan kepada para perangkat desa. Para perangkat dsa melakukan uji coba secara langsung selama sosialisasi dilakukan di kantor desa. Respon yang diberikan para perangkat desa terhadap alur pelayanan online tersebut diterima dan dipahami dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan di kemudian hari.
Penulis                : Nala Bahari
Jurusan               : Ilmu Pemerintahan
Dosen Pembimbing   : Heri Sugito, M.Sc
                        Nenik Woyanti, SE., M.Si
                        Muhammad Iqbal Fauzan, SP., M.Si