Mohon tunggu...
Bagus Sugiarto
Bagus Sugiarto Mohon Tunggu... Lainnya - Menuju yang lebih bak

Tiada berkesudahan.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Pelayan, Antara Kapasitas dan Profesionalitas

7 Februari 2021   07:25 Diperbarui: 8 Februari 2021   16:27 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di waktu senggang setelah melewati berbagai rutinitas keseharian, kubuka media sosial pribadi. Berbagai status dari ratusan hingga ribuan teman kujelajahi. Mulai dari tatus lucu, sedih, gembira dan lain sebagainya yang seakan semua problematika kehidupan ada di situ. Sampai juga pada status seseorang yang agak lain dari yang lain. Yaitu kekesalan pelanggan warung makan yang dalam penyajian tidak sesuai menurut seleranya.

"Ni pelayan msh perlu di didik cara penyajian yg benar" begitu kira-kira status kekesalan yang diunggah melalui media sosial.

Sebelum kita menanggapi kekesalan tersebut mari kita pahami dulu apa arti dari pelayan sebuah rumah makan atau sejenisnya. Pelayan menurut Wikipedia berarti orang yang bekerja di restoran, bar, maupun kafe untuk melayani pengunjung yang datang. Pekerjaan ini termasuk dalam sektor jasa. Pelayan mencatat pesanan pengunjung dan kemudian membawa makanan atau minuman ke meja pemesan. Seorang pelayan yang baik dapat membantu pengunjung dengan merekomendasikan menu terbaik. 

Sedangkan menurut KBBI pelayan n 1 orang yg melayani; 2 pembantu; pesuruh;

Jadi kesimpulannya adalah Pelayan pada sebuah warung makan, restoran atau sejenisnya adalah bertugas untuk:

1. Menyapa Tamu dan Mengantarkan Menuju Meja Tamu

2. Mencatat Pesanan Tamu

3. Mengorder Pesanan ke Dapur 

4. Mengantarkan Pesanan Menuju Meja Tamu

5. Membersihkan Meja Tamu 

Jika demikian kenapa pelayanan pada masing-masing rumah makan, restoran dll  berbeda-beda ? Inilah yang harus dipahami bahwa walaupun tugas pelayan sama di setiap rumah makan, restorn, bar dll tapi dalam pelayanannya tidak sama.  Sebagai contoh bahwa si Fulan makan di warung A, oleh pelayan warung tersebut dilayani dengan apa adanya. Lain halnya jika si Fulan makan di restoran, maka si Fulan dilayani dengan dengan layanan prima oleh pelayan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun