Mohon tunggu...
Bagus Kurniawan
Bagus Kurniawan Mohon Tunggu... Relawan - MY LIFE

KESENANGAN ADALAH MOTO HIDUP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT PT Vinix

21 Desember 2023   22:31 Diperbarui: 21 Desember 2023   22:55 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Lapangan kerja praktik sangat berarti dan penting bagi mahasiswa karena dengan demikian mahasiswa akan mendapat gambaran secara langsung tentang dunia kerja, sehingga akan menjadi terbiasa dan terampil saat memasuki dunia kerja. Pelaksanaan kerja praktik ini tidak terlepas dari peran penting pihak perusahaan.

PT. Vinix Solusi Otomasi yang berlamat di Jl. Dupak Rukun 6/29 Surabaya. Perusahaan ini bergerak dalam bidang teknik, desain, konsultasi, instalasi, pengujian dan commissioning serta layanan pemeliharaan. Produk utama yang menjadi fokus penjualan PT. Vinix Solusi Otomasi yaitu control panel kelistrikan.

Berdasarkan analisis SWOT strategi pemasaran PT. Vinix Solusi Otomasi yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa:

  • Faktor Internal yang paling mempengaruhi PT. Vinix Solusi Otomasi untuk kekuatannya yaitu PT. Vinix Solusi Otomasi memiliki produk yang berkualitas dan harga yang kompetitif. Selain itu PT. Vinix Solusi Otomasi menyediakan jasa konsultasi dan instalasi pemasangan kontrol panel sampai kontrol panel siap dipakai dan memberikan Service After Sale kepada customer max 1 tahun.  Kelemahan PT. Vinix Solusi Otomasi adalah tidak tercapainya target penjualan yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya tenaga terampil, promosi tidak maksimal, produk tidak ready stock dan kurangnya safety ekspedisi sehingga banyak barang pesanan yang cacat bahkan tidak bisa dipakai hal tersebut mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.
  • Faktor eksternal yang mempengaruhi PT. Vinix Solusi Otomasi adalah adanya peluang pangsa pasar yang potensial seperti banyaknya developer perumahan baru yang akan dibangun, kelompok UMKM, perusahaan dan perkantoran. Kepercayaan konsumen terhadap produk PT. Vinix Solusi Otomasi dan juga memiliki rekanan bisnis yang banyak diantaranya ada transmart, Aqua dll. Kebutuhan alat control panel kelistrikan semakin banyak karena setiap gedung, rumah dan perkantoran membutuhkan kontrol panel kelistrikan sehingga mampu meningkatkan petumbuhan ekonomi. Ancaman yang dihadapi PT. Vinix Solusi Otomasi adalah adanya kenaikan harga bahan baku produk, konsumen semakin sensitive terhadap harga, pembatalan purchasing order (PO), munculnya kompetitor baru serta ancaman dari kompetitor yang memiliki image brand yang baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun