Digital marketing itu luas sekali yang terus berkembang dengan berbagai macam inovasi digital. Itu kenapa semakin hari saluran pemasaran digital marketing, bukannya makin sedikit, tapi semakin meluas dan beragam. Tapi dari begitu banyak saluran pemasaran, menurut saya, hanya ada tiga konsep trifecta digital marketing yang perlu selalu diperhatikan:
- Controlled channels,
- Paid channels, dan
- Earned Channels
Ketiganya adalah konsep tentang saluran pemasaran yang akan selalu diperhatikan oleh seorang pemasar digital. Pemasar bisa memanfaatkan salah satu atau dua kemudian mendapatkan yang ketiga. Bagaimana maksudnya?
Controlled channels
Controlled Channels artinya adalah saluran pemasaran yang bisa kendalikan sendiri oleh pemasar atau Brand.
Kita sebagai pemasar bisa utak-atik salurannya sesuka hati. Bisa memasang pelacak (tracker), rekam perilaku, menambah pop-up dan sebagainya untuk menambah informasi dan data.
Semua hal itu bisa kita lakukan sesuka hati karena saluran pemasarannya dikendalikan sendiri, tidak bergantung pada orang lain, dan tidak bergantung pada pemilik lahan alias pemilik platform.
Contoh dari saluran yang kita kendalikan ini adalah
- Website
- Media sosial
- Aplikasi percakapan
- Lokapasar (marketplace)
- SMS
Beberapa pemasar digital lain menyebut saluran controlled channels sebagai owned channels yang hanya menyebut website dan email sebagai saluran utama karena keduanya adalah saluran yang benar-benar “dimiliki” oleh pemasar.
Definisi dimiliki artinya saluran itu tidak ada kekhawatiran untuk terjadi penyensoran, perubahan kebijakan, pembatasan, atau bahkan pemblokiran yang biasanya terjadi di media sosial, aplikasi percakapan dan lokapasar.
Menjadi pemasar digital kita harus bisa memanfaatkan saluran dengan efektif. Maka, kita harus bisa fokuskan pemasaran di saluran yang paling efektif atau yang paling dikuasai sumber dayanya.