Mohon tunggu...
Desa Brokoh
Desa Brokoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kec. Wonotunggal

Desa Brokoh, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan UMKM oleh Mahasiswa UNDIP Melalui Pembuatan Akun E-Commerce Sebagai Penunjang Pemasaran

11 Agustus 2023   02:00 Diperbarui: 11 Agustus 2023   02:09 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto dengan owner UMKM Kripik Singkong/Dokpri

 

Wonotunggal, Kabupaten Batang (08/08) -- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan sektor yang paling mendominasi di antara sektor para pelaku usaha. Persaingan yang cepat di dalamnya membuat para pelaku UMKM harus melakukan pergerakan dan perubahan cara berbisnis agar mampu beradaptasi di era teknologi sekarang ini. Para pelaku UMKM sudah mulai menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan maupun menunjang kegiatan bisnis mereka. 

Dibutuhkan usaha yang lebih untuk mampu mengembangkan usaha yang dirintis dari bawah. Salah satunya adalah pemasaran produk yang merupakan faktor penting di dalam keberlangsungan usaha. Kurangnya pengetahuan dalam pemasaran produk mereka menjadi salah satu penyebab UMKM kurang dapat berkembang menjadi lebih luas lagi. Salah satunya adalah UMKM Keripik Singkong yang ada di Desa Brokoh. 

Sehingga produk tersebut hanya dikenal oleh warga sekitar saja. Atas dasar hal tersebut mahasiswa UNDIP berinovasi untuk membuatkan akun e-commerce untuk pemasaran produk keripik singkong tersebut. Pembuatan akun e-commerce Shopee dipilih karena merupakan salah satu aplikasi marketplace online yang paling terkenal dan sering digunakan oleh Masyarakat sekitar. 

Output berupa Poster/Dokpri
Output berupa Poster/Dokpri

Akun yang sudah jadi milik owner UMKM Kripik Singkong/Dokpri
Akun yang sudah jadi milik owner UMKM Kripik Singkong/Dokpri

Selama kegiatan demonstrasi pembuatan akun dilakukan, pelaku UMKM Keripik pisang diberikan pengetahuan dasar mengenai e-commerce, yang memuat di dalamnya pembuatan akun, pengelolaan shopee, penggunaan fitur penjualan hingga strategi pemasaran yang dilakukan. Selain itu, pelaku UMKM juga diberikan panduan praktis dalam mengunggah produk, mengatur pengiriman hingga bagaimana berinteraksi dengan pelanggan. 

Dengan adanya pendampingan pembuatan akun shopee diharapkan nantinya penjualan UMKM Keripik Singkong akan meningkat dan dapat memasarkan produknya secara luas. Dan dengan adanya poster tata cara pembuatan akun shopee bisa digunakan nantinya untuk pelaku UMKM Keripik Singkong yang akan merintis usahanya dengan menggunakan digital marketing.

Penulis: Isna Ziadatun Nikmah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Bisnis 2020

Dosen Pembimbing: Dr. Aminah, S.H., M.Si

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun