Digital Marketing di Desa Bumiayu, kecamatan Kajoran, kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (01/08/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pemilik UMKM dan seluruh kalangan masyarakat yang berminat dalam menggunakan digital marketing untuk meningkatkan penjualan usahanya melalui platfrom digital.
Mahasiswa yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar mengadakan workshopKegiatan ini dilaksanakan di balai desa Bumiayu, dihadiri oleh bapak sekretaris desa, ibu kepala dusun Parakan dan perangkat desa lainnya. Selain itu, terdapat pula para pemilik UMKM dari berbagai sektor, seperti kuliner, jasa, hingga produk-produk rumah tangga. Kegiatan workshop ini dirasa sangat penting, hal ini dikarenakan masih banyak pemilik UMKM dan kalangan masyarakat desa Bumiayu yang belum sepenuhnya tahu cara mempromosikan dan menjual barang dagangannya di media sosial.
Kegiatan workshop digital marketing ini dilakukan melalui 2 tahapan, tahap pertama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) berfokus membantu pemilik UMKM melalui sistem door to door dengan luaran yang diberikan berupa pendampingan pembuatan poster promosi, banner usaha, google maps, logo, label kemasan, hingga video profil. Pada tahap kedua, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) berkolaborasi dengan seorang pebisnis online berpengalaman bernama Mahendra Malik yang berasal dari DKI Jakarta, hal tersebut bertujuan memberikan insight atau pengetahuan secara lebih mendalam kepada pemilik UMKM dan masyarakat desa Bumiayu. Pada kegiatan workshop digital marketing ini terdapat 3 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar yang berfokus untuk memberikan materi mengenai definisi, manfaat, dan trend digital marketing, sedangkan Mahendra Malik merupakan seorang pebisnis online yang berpengalaman pada strategi penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan, khususnya pada aplikasi Shopee yang disampaikan secara online melalui Google meet.
Pada penyampaian materinya, Mahendra Malik menjelaskan bahwa ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang pebisnis online, khususnya pada aplikasi Shopee supaya saat melakukan live streaming dapat menarik banyak customer untuk bergabung dan berbelanja.
“Ada beberapa cara yang harus diperhatikan oleh seorang pebisnis online saat melakukan live streaming agar menarik dan efektif, yaitu berinteraksi dengan audiens dan menampilkan gambar yang menarik perhatian. Selain itu, pebisnis online harus memperhatikan resolusi kamera, produk yang diinginkan, dan harga produk demi meningkatkan engagement customer”, ungkapnya.
Workshop digital marketing ini tidak hanya memberikan manfaat yang dirasakan oleh setiap individual UMKM saja, melainkan untuk memperkuat hubungan komunitas ekonomi desa Bumiayu secara menyeluruh. Berakhirnya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) workshop digital marketing ini, diharapkan para pemilik UMKM dan masyarakat yang berminat di dunia digital marketing dapat meningkatkan pendapatannya untuk mencapai laba maksimal. Kegiatan ini tidak hanya membantu UMKM dan masyarakat saja, akan tetapi juga dapat menciptakan hubungan yang lebih erat antara pihak mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar dan masyarakat di desa Bumiayu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H