Dalam kehidupan ini seharusnya kita tidak melakukan hal yang akan sia- sia, atau membuang waktu. Seperti yang dikatakan pepatah bahwa Waktu adalah Emas.Â
Maka dari itu kita sebagai manusia hendaknya menjadi agen perubahan yang nyata dalam kehidupan ini, minimal bagi diri sendiri kita harus memulai belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu dengan baik agar tak terbuang dengan sia-sia dan lebih banyak waktu positif yang akan bernilai baik saat ini maupun suatu saat nanti.
Manajemen waktu suatu hal yang sangat krusial di dalam hidup ini tentunya. Terutama bagi kita yang mempunyai kesibukan yang cukup padat, jika kita tidak pandai dalam mengatur waktu maka tidak akan bisa semua aktivitas yang kita lakukan bisa maksimal. Dengan disiplin waktu, kita akan dapat mengatur agenda harian yang ada, dan pastinya semua pekerjaan yang ada bisa selesai dengan baik dan maksimal.
Masih banyak diantara kita yang mungkin selama ini waktunya terbuang dengan sia-sia. Membuang waktu ini sama saja membuang banyak kesempatan dan peluang untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Hal ini tentu sangat menjadi perenungan bagi diri sendiri.
Berikut beberapa cara yang bisa kita terapkan dalam mengatur waktu dengan baik. Yang pertama yaitu Selesaikan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu. Ketika kita bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan dalam mengelola pekerjaan.
Kedua, Belajar Untuk Mengatakan Tidak. Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru membuat kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan yang akan menyia-nyiakan waktu.
Ketiga, Lebih Cepat Lebih Baik. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuat resiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang ditangani. Akan sangat baik jika selalu menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan tepat waktu.
Keempat, Teliti dalam Mengatur Waktu. Bagi diantara kita yang memiliki berbagai kebiasaan terkait dengan internet dan juga hal lainnya, seperti game, televisi, dan aktif di berbagai media sosial, akan sangat tepat jika Anda memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukan hal tersebut. Jangan sampai waktu habis terbuang dengan percuma untuk berbagai kegiatan atau kebiasaan yang dimiliki dan tidak memberi manfaat yang maksimal di dalam kehidupan.
Marilah kita mulai secara perlahan, mengatur waktu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, jika dilakukan secara perlahan dan konsisten maka kita bisa mengatur waktu dengan baik. Ingat, komitmen sangat penting untuk menjalankannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H