PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk atau yang biasa dikenal dengan Sido Muncul (SIDO) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian jamu dan farmasi, perdagangan, pengangkutan darat, jasa, dan pertanian. PT Sido Muncul memiliki lebih dari 300 jenis produk yang sangat akrab dan dekat dengan konsumen Indonesia, dua diantaranya yaitu Tolak Angin dan Kuku Bima Ener-G!. PT Sido Muncul memiliki komitmen untuk berkembang sejalan dengan prinsip manusia, bumi dan laba untuk menciptakan perusahaan yang berkesinambungan dan bertanggung jawab. Untuk itu, PT Sido Muncul memerlukan sistem pengendalian manajemen yang efektif dalam mengelola, mengawasi, dan mengarahkan kegiatan operasionalnya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem Pengendalian Manajemen berperan sebagai alat yang memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai aktivitas operasional dengan tujuan strategis yang lebih luas. Melalui perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi yang sistematis, perusahaan dapat memonitor kinerja secara berkelanjutan, mengidentifikasi penyimpangan dari rencana yang telah ditetapkan, dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan operasional dan keunggulan kompetitif. Tujuan utama dari sistem pengendalian manajemen adalah untuk memastikan bahwa organisasi berjalan efisien, efektif, dan sesuai dengan rencana serta strategi yang telah ditetapkan.
Dalam mencapai tujuannya, yaitu menjadi perusahaan farmasi, obat tradisional, makanan minuman kesehatan, kosmetik, dan pengolahan bahan herbal yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, PT Sido Muncul telah menetapkan sistem pengendalian manajemen dengan melibatkan beberapa elemen kunci, yaitu penganggaran dan keuangan, perencanaan strategis dan operasional, pelaksanaan dan pengukuran kinerja, hingga pengawasan dan evaluasi kinerja.
Untuk mengelola sumber daya keuangannya secara efektif dan efisien, PT Sido Muncul melakukan penganggaran yang dimulai dari menetapkan strategi tertentu, kemudian melakukan penyusunan anggaran yang dilakukan pada setiap divisi yang ada, lalu anggaran yang telah disusun kemudian harus disetujui oleh manajemen tingkat atas dan direksi, setelah disetujui, anggaran didistribusikan ke masing-masing divisi untuk digunakan dalam operasi sehari-hari dan diawasi secara berkala agar tidak terjadi penyimpangan. Hasil dari penganggaran ini kemudian dilaporkan secara berkala kepada manajemen dan dewan direksi.
PT Sido Muncul telah menetapkan strategi untuk mencapai tujuan perusahaannya, dimana strategi utama yang ditetapkan oleh PT Sido Muncul yaitu pemasaran pada pasar domestik, pemasaran pada pasasr ekspor, pemasaran digital, dan proses bisnis yang unggul. Dalam upaya mendongkrak penjualan di pasar domestik, PT Sido Muncul terus mengoptimalkan berbagai strategi pemasaran baik secara langsung maupun secara daring. Sebagai contoh PT Sido Muncul melakukan trade promo dan product bundling.Â
Selain pasar domestik, inisiatif pertumbuhan juga difokuskan di pasar ekspor. PT Sido Muncul telah mengembangkan pasar ekspor di negara fokus yakni di Malaysia, Nigeria dan Filipina. Pengembangan juga terus dilakukan ke beberapa negara baru di Asia Tenggara dan juga Afrika. Disamping upaya perluasan pasar, PT Sido Muncul juga terus menggenjot media sosial sebagai media pemasaran untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Pemasaran digital menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer dan juga efektif di kalangan dunia usaha.Â
Dimana PT Sido Muncul kerap aktif dalam berbagai media sosial seperti Instagram, Tik-Tok, Youtube dengan menggandeng para contenct creator dan influencer guna mempromosikan produk-produknya. Perseroan juga terus berupaya untuk memiliki kemampuan dalam mencapai kinerja bisnis handal yang diperoleh dari keunggulan proses yang bukan hanya sekedar peningkatan kualitas dan efiseinsi, melainkan juga terkait nilai yang akan diberikan kepada konsumen. Oleh karenanya salah satu upaya yang dilakukan oleh Perseroan adalah terus meningkatkan kualitas dan kepatuhan produk.
Dalam melakukan penilaian kinerjanya, PT Sido Muncul telah mengadopsi sistem penilaian kinerja Balanced Scorecard yang mengukur kinerja tidak hanya dari sisi keuangan tetapi juga dari perspektif lain yang penting untuk mencapai tujuan jangka panjang. Adapun perspektif yang diukur dalam sistem Balanced Scorecard yaitu Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.
Pengawasan dan evaluasi kinerja dilakukan melalui Sistem Pengendalian Internal yang berada di bawah pengawasan komite audit. Evaluasi berkala terhadap kinerja dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan jangka pendek dan jangka panjang tercapai, serta untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan dan peningkatan proses bisnis.
Secara keseluruhan, PT Sido Muncul telah menerapkan Sistem Pengendalian Manajemen yang tergolong efektif, karena sudah meliputi proses perencanaan hingga evaluasi, semuanya dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H