Mohon tunggu...
Bafadlol Muksit
Bafadlol Muksit Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, FISHUM, Prodi Ilmu komunikasi. "yen Abang yo sing mbranang, yen Putih yo sing Memplak"

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

New Media : WeChat

9 November 2012   15:04 Diperbarui: 24 Juni 2015   21:42 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WeChat membuat saya “mumet” untuk menjelaskan fitur yang ada didalamnya, karena banyaknya fitur yang dimiliki aplikasi berkategorikan Instant Messaging ini. Di dalam aplikasi ini selain kita bisa chating kita juga disuguhi menu Social yang di dalamnya terdapat fitur yang membuat kita bisa betah dan lupa waktu. Fitur yang terdapat di menu social ini antara lain : Moment, Look Around, Shake dan Drift Bottle. Dengan fitur selengkap ini kita dapat berkenalan dengan pengguna WeChat di seluruh penjuru dunia. Saat ini memang social media sangat booming, dimulai dari Era friendster, Mig33, Facebook, tweeter sampai aplikasi Wechat ini. Semua menawarkan model komunikasi yang menggunakan media sebagai landasan baru dunia komunikasi.

Karena perubahan dalam bidang komunikasi belakangan ini mencakup penyajian informasi dan budaya maka tidak heran banyak orang yang bebas dalam menentukan pilihan sesuai dengaan tingkat kebutuhan informasi mereka. WeChat hadir disaat yang tepat dalam kondisi yang mempengaruhi penawaran dan permintaan komunikasi. Saat ini sebagian besar masyarakat mengkonsumsi informasi dan berkomunikasi lebih cenderung memilih jalur praktis tetapi lengkap informasinya, dengan adanya fitur yang sebanyak ini WeChat mempunyai selera khusus dimata masyarakat. Dunia komunikasi saat ini sudah memasuki dunia baru atau sering dalam kalangan akedimisi dikatakan “New Media”, media baru dan model komunikasi yang baru, muncul seiring dengan kemajuan teknologi.

[caption id="attachment_215540" align="aligncenter" width="300" caption="google.com"]

13524728631943426011
13524728631943426011
[/caption] Media baru juga bisa dikatakan sebagai objek definisi social dan budaya, karena apa yang sesungguhnya disuguhkan media merupakan fakta,”citra”, penilaian dan tentu pengadaptasian sekaligus modifikasi gagasan yang berkaitan bentuk media dan komunikasi sebelumnya. Dalam hal ini WeChat juga bisa dimasukan dalam kategori ini. WeChat berusaha menjawab kekurang atau melihat sisi lain aplikasi social lainnya yang masih mempunyai celah untuk dimasuki dalam hal layanan fitur serta kenyamanan pengguna. Kita bisa lihat dalam aplikasi WeChat pada bagian Moments, kita dapat meng-upload foto, menge-like foto dan sekaligus memberikan komentar ke foto-foto yang di upload oleh teman kita yang sudah ada di list WeChat. Selain itu, Upload Photo inipun terdapat fitur Photo Filter yang mirip dengan Instagram, dengan Photo Filter ini kita dapat mengedit tampilan foto sesuai dengan keinginan kita. Ini merupakan penambahan fitur yang tidak ada dalam aplikasi social lainnya.

Keanekaragaman model dan cara komunikasi, dalam berkomunikasi kita tentu mempunyai berbagai tujuan dan hubungan komunikasi. Bentuk jauh dan dekatnya hubungan antara orang yang berkomunikasi (komunikan dengan komunikator) sangat berpengaruh terhadap kenyaman berkomunikasi, penerima informasi dan ekspresi yang ditimbulkan. Dalam hal ini Wechat menyuguhkan lagi kepada kita model dan cara berkomunikasi yang baru di era sekarang. Wechat mencoba membangun Kedekatan personal antarpengguna dengan menu look around, shake dan Drift Bottle dan efek yang ditangkap pengguna pasti akan beransumsi “dimana pun ketemunya kamu lagi” padahal belum tentu orang yang chat dengan kita jaraknya dekat atau punya hubungan dekat dengan kita. Tetapi fitur ini mempersempit jarak antarkomunikan sehingga terlihat komunikatif.

Fungsi media bagi individu adalah hal yang paling penting dalam menarik masyarakat untuk menggunakan suatu media tertentu. “pemakaian dan kepuasan”, orang pada umumnya memakai sesuatu karena barang tersebut dianggap mempunyai kelengkapan sesuai apa yang kita butuhkan. Begitu juga media, mengapa orang berhubungan dengan media dan apakah yang didapat dari media tersebut? Bahkan tidak jarang kita menemukan orang – orang yang loyal dengan media tertentu, karena fakor kepuasanlah yang dibutuhkan individu dalam mencari informasi, berhubungan ataupun dalam aktualisasi diri. : http://hk.qq.com/r/288

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun