BAB IÂ
PENDAHULUAN
Â
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapa belajar dengan baik. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja peserta didik sendiri, dalam hal inilah  keaktifan peserta didik sangat diperlukan. Pelajaran Matematika pada Kurikulum merdeka merupakan pelajaran wajib yang mengharuskan peserta didik mempelajari pelajaran matematika dari kelas VII hingga ke kelas IX. Mata Pelajaran Matematika di Provinsi DIY di masukan sebagai pelajaran yang di ujikan pada tahap Ujian Sekolah dan ASPD. Hal ini menjadikan pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari.
Permasalahan tersebut menjadikan peserta didik harus mempelajari matematika dengan tuntas. Tetapi peserta didik merasa matematika adalah pelajaran yang sulit dan sering mereka hindari, peserta didik tidak memiliki motivasi belajar sehingga membuat hasil belajar mereka pada mata pelajaran matematika tidak optimal. Setelah dilakukan analisis terhadap kajian literatur dan hasil wawancara, serta dikonfirmasi melalui observasi dapat diketahui bahwa penyebab munculnya masalah rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah :1). Rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar. 2) Menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. 3) Pembelajaran hanya berpusat pada guru. 4) Pembelajaran yang digunakan bersifat monoton. 5) Guru belum menggunakan model, metode dan media yang tepat.
Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik materi teorema pytagoras  dengan menggunakan model, metode dan media yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Guru memiliki peran dan bertanggung jawab sepenuhnya pada pembelajaran ini, guru perlu menyiapkan model dan media pembelajaran yang tepat agar dapat mengatasi berbagai permasalahan di atas. Guru memiliki peran sebagai motivator, pemberi contoh, dan pembimbing peserta didik.
BAB II
PEMBAHASAN
Â