AKSI NYATA MODUL Â 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
KEGIATAN AKSI NYATA MODUL 3.2
Kegiatan aksi nyata yang dilaksanakan meliputi:
1. Melakukan proses identifikasi atau pemetaan aset bersama warga sekolah mulai dari rekan guru, kepala sekolah, murid, orang tua dan tokoh setempat yang berasal dari berbagai latar belakang
2. Mendokumentasikan proses identifikasi atau pemetaan aset melalui bukti fisik berupa foto proses pertemuan dan hasil pemetaan aset
LATAR BELAKANG AKSI NYATA
Sekolah sebagai ekosistem pendidikan merupakan sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik atau unsur yang hidup dan faktor abiotik atau unsur tak hidup. Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lain sehingga akan menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis. Dalam ekosistem sekolah faktor biotik ini akan saling mempengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. Sekolah wajib membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas untuk menunjang keberhasilan tujuan pendidikan keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya Apakah sebagai kekuatan atau sebagai kekurangan. Sekolah yang memandang semua yang dimiliki adalah suatu kekuatan tidak akan berfokus pada kekurangan tapi berupaya pada pemanfaatan sumber daya yang dimiliki sehingga menjadi suatu aset atau kekuatan sekolahIdentifikasi aset SDN Sukolilo Barat 2 Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan Jawa Timur.
PROSES IDENTIFIKASI ASSET
Proses Identifikasi Aset dilaksanakan di ruang aula SDN Sukolilo Barat 2 Kecamatan Labang dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Ketua Komite,CGP, guru ,wali murid dan murid.