Mohon tunggu...
Badrul Jannah
Badrul Jannah Mohon Tunggu... Guru - gpai sdn Sukolio Barat 2

Hobby Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Eksplorasi Konsep Forum Diskusi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

5 Mei 2023   16:03 Diperbarui: 5 Mei 2023   16:22 5989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 Studi Kasus   Modul PPGP - 3.2  Pemimpin dan pengelolaan Sumber daya Manusia

Kasus 1

Ibu lilin adalah salah satu guru SMP favorit yang selalu diincar oleh para orang tua sekolah tersebut juga selalu menduduki peringkat satu dan ada perolehan nilai UN murid-murid begitu kompetensi memperoleh nilai ulangan dengan prestasi lainnya dan dalam usaha yang proses belajar mengajarnya boleh terlihat sangat patuh dan tertib bahkan ada yang bergurau bahwa murid di sekolah favorit tersebut tetap antusias belajar meskipun jam kosong. 

Badan berubah semenjak regulasi PPDB zonasi dikeluarkan Ibu lilin mulai sering marah-marah di kelas karena karakter dan Tingkat kepandaian murid-muridnya yang heterogen.

Sering terdengar meja guru digebrak oleh ibu lilin karena kondisi kelas yang susah dikendalikan. Apalagi jika murid-murid tidak kunjung paham terhadap materi pelajaran yang Ibu lilin jelaskan.seringkali Begitu keluar dari kelas raut muka b. Lilin merah, padam dan kelelahan suatu hari ada laporan berupa foto dari layar telepon genggam yang menunjukkan jurusan tentang ibu lilin menjadi bulan bulanan murid-murid di grup WhatsApp. Beberapa murid dipanggil oleh guru BK ibu lilin juga berada di ruang konseling saat itu beliau marah besar dan tidak terima penghinaan yang dilontarkan lewat pesan wa murid-muridnya. Bahkan beliau memboikot tidak akan mengajar jika murid-murid yang terlibat pembicaraan tersebut tidak dikeluarkan dari sekolah. 

Kasus tersebut terdengar pula oleh guru-guru sekolah non favorit, " Saya mah sudah biasa menghadapi murid nakal dan bebal" Kata Bu Siti Yang mengajar di sekolah non favorit.

 

Pertanyaan:

Bagaimana anda melihat kasus Ibu lilin ini? Hubungkan dengan segala aspek yang bisa didiskusikan dari materi modul ini apa yang akan anda lakukan apabila anda sebagai kepala sekolah?

Saya melihat kasus Ibu lilin hal ini berawal dari kecenderungan beliau melihat pada aspek kekurangan peserta didik di kelasnya,  yaitu  melihat karakter dan Tingkat kepandaian murid yang heterogen dianggap menjadi kekurangan sehingga menyebabkan sulitnya Ibu lilin menyampaikan materi dan juga kesulitan peserta didik untuk memahami materi yang disampaikannya. 

Selain itu Ibu lilin juga melihat kondisi kelas yang susah dikendalikan sehingga mengganggu aktivitas dan konduktivitas pembelajaran yang dilakukan akibat dari melihat dan memandang dari aspek kekurangan tersebut menimbulkan ketidaknyamanan secara emosional dari Bu lilin sehingga beliau mudah marah atau emosi dan kelelahan yang mengakibatkan ketidaksukaan dari murid-muridnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun