Mohon tunggu...
Badiyo
Badiyo Mohon Tunggu... Jurnalis - Blogger, Content Creator

Seneng baca dan suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Training Riset CSI untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

13 November 2019   16:46 Diperbarui: 14 November 2019   06:58 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepuasan pelanggan memang  tak bisa ditawar-tawar lagi. Untuk itulah setiap perusahaan atau lembaga  harus terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Tak terkecuali, Perguruan Islam Al Syukro Universal Ciputat Tangerang Selatan. Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari KB/TK, SD, SMP dan SMA, Perguruan Islam Al Syukro terus berupaya memberikan yang terbaik bagi para orangtua siswa (pelanggan).   

Dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, Perguruan Islam Al Syukro Universal mengadakan Training Riset Kepuasan Pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI). Training diadakan di Gedung SMP Islam Al Syukro Universal, Selasa, 12 November 2019, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Peserta Training adalah Tim ISO 9001:2015 Perguruan Islam Al Syukro Universal yang terdiri dari unsur pimpinan mulai dari Direktur, General Manager, Manager, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Supervisor atau Kepala Unit.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dalam sambutannya, GM Operasional, Bapak Muhammad Amiruddin Rahman yang mewakili direktur menyampaikan akan pentingnya CSI bagi lembaga.

"CSI menjadi sangat penting untuk bisa mengukur apakah selama ini yang sudah kita lakukan sudah sesuai harapan pelanggan atau belum," kata Pak Amir.

Panitia training menghadirkan Pedri Haryadi dan Dezya Salsabila P dari Dompet Dhuafa Pendidikan sebagai nara sumber. Pedri Haryadi dan Dezya Salsabila P adalah triner khusus di bidang riset CSI yang sudah mengisi training di berbagai tempat. Materi training yang diberikan antara lain teori-teori dan kaida penelitian secara umum. Selain teori, para peserta juga dilatih untuk mengolah data riset dengan menggunakan SPSS.  

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dengan kegiatan training Riset CSI, diharapkan nantinya para peserta akan mampu melakukan Riset untuk mengukur kepuasan pelanggan. Dengan melakukan riset, maka akan diperoleh data yang menggambarkan tingkat kepuasan pelanggan selama ini. Data hasil riset akan memperlihatkan apakah program dan pelayanan selama ini  sudah sesuai harapan dan memuaskan pelanggan atau belum.

Data tersebut akan menjadi pijakan bagi lembaga dalam upaya meningkatkan kualitas produk (program) dan pelayanan demi kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah para orangtua siswa, untuk Al Syukro Universal yang lebih baik ke depannya. Aamiin.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun