Mohon tunggu...
Arris Bachtiar
Arris Bachtiar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru SD yang mempunyai hobi menonton film action dan menyukai musik rock. Hasrat saya untuk menuntun murid menjadi pribadi yang sukses baik secara pribadi dan dalam masyarakat sangat besar, agar murid menemukan potensi diri dan mampu berguna bagi nusa dan bangsa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

11 September 2022   20:40 Diperbarui: 11 September 2022   20:46 2620
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul 1.1?

Saya percaya belum sepenuhnya melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas. Hal ini dikarenakan dalam melakukan pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru sedangkan murid hanya mengikuti perintah yang diberikan sehingga merdeka belajar belum tercapai. Sebagai pembelajar di kelas saya merasa mempunyai peran penting sebagai pen transfer ilmu kepada pemelajar saya yaitu murid. Dalam sebuah kegiatan pembelajaran saya ingin murid menyerap dan memahami sebanyak-banyaknya ilmu dari yang saya ajarkan.

2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?
Sebagai guru kita memiliki keharusan membimbing murid agar memiliki kecakapan Abad 21 dengan tidak melupakan untuk memberikan contoh sikap keteladanan yang baik bagi muridnya dalam mengembangkan budi pekerti. Menghormati dan memperlakukan murid dengan sebaik-baiknya sesuai kodratnya, (ing ngarso sung tulodho) memberikan teladan, (ing madyo mangun karso) membangun semangat, dan (tut wuri handayani) memberikan dorongan bagi tumbuh kembangnya anak. Menuntun mereka menjadi pribadi yang terampil, berakhlak mulia dan bijaksana sehingga mereka akan mencapai kebahagiaan dan keselamatan. Saya akhirnya sadar bahwa pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang seharusnya berpusat pada murid. KHD menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, supaya mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat Tugas saya sebagai pembelajar adalah untuk menuntun murid agar sukses dalam hidupnya baik dalam bermasyarakat maupun secara individu.

3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Dalam proses pembelajaran di kelas saya akan menempatkan murid sebagai sebagai subjek belajar, bukan sebagai objek. Menempatkan murid sebagai subyek diharapkan menjadikan murid lebih aktif selama proses pembelajaran. Saya juga berusaha menuntun siswa belajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Dalam konteks mengimplementasikan pemikiran KHD untuk mengenalkan kepada siswa dalam konteks kebudayaan lokal kota probolinggo yaitu budaya pendalungan dalam membentuk karakter anak. Dengan cara memberikan pembelajaran bahasa pendalungan melalui pelajaran muatan lokal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun