Mohon tunggu...
Azatul Nazura
Azatul Nazura Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,

Saya suka membaca, mengamati dan alam sebagai buktinya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keunggulan Merek Internasional dari Produk Lokal Tissue Paseo

15 Desember 2023   19:49 Diperbarui: 15 Desember 2023   19:58 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Top Brand Tracking, Marketing.co.id, 01 Desember 2023

Perilaku konsumen merupakan perilaku yang melihat individu, kelompok, dan organisasi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui memilih, membeli, menggunakan, barang dan jasa yang mereka butuhkan untuk memuaskan keinginannya. Salah satu kebutuhan pendamping yang penting untuk membantu kebutuhan sehari-hari adalah tisu. Ada beragam jenis tisu diseluruh dunia yang ada dan menjadi kebutuhan utama pendamping bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya Tissue Paseo. PT Pindo Deli, perusahaan Indonesia asli, yang bergabung dengan Indah Kiat, dan Tjiwi Kimia sehingga sekarang menjadi Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas adalah merek dagang untuk perusahaan produsen pulp dan kertas di Indonesia dan China. Produk-produk yang dihasilkan adalah produk yang berkualitas yang menjamin terpenuhinya permintaan dunia yang terus bertambah seperti produk kertas, kemasan dan tisu. Rangkaian produknya menjadi salah satu produk yang bebas dari zat pencerah optik dan terbuat dari 100% serat alami pohon dari hutan tanaman industri yang dikelola secara berkelanjutan. 

Tissue dengan brand lokal asal Indonesia ini merupakan brand lokal yang berhasil masuk kedalam kategori merek internasional yang aktif memenuhi permintaan pasar global akan produk tisu. Paseo berani mendobrak perekonomian tissue ke kancah internasional lewat produknya yang melabeli tisu premium berkualitas untuk memberikan sentuhan kemewahan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Rangkain produk yang dimiliki Paseo saat ini terdiri dari tisu wajah, tisu dapur, tisu toilet, tisu bayi, tisu basah anti bakterial, dan proteksi. Semuanya menjadi produk terbaik sesuai dengan slogan ditiap ragam produk yang ada untuk membuktikan kualitas yang dimiliki serta memprioritaskan keamanan dan kepercayaan pelanggan untuk kehidupan yang nyaman. 

Selain kualitas dan bahan yang terbuat dari 100% serat alami, Tissue Paseo memiliki keunggulan dan kelemahan. Salah satu top keunggulannya adalah kelembutan dan daya serap kuat maksimal. Tissue Paseo berani memberikan kelembutan di setiap penggunaan tissuenya dan memberi keamanan bagi pelanggan yang memiliki kulit sensitif. Bahkan dalam jenis produk tisu dapur dan tisu toilet, Tissue Paseo mampu mengeringkan total untuk bersih maksimal di setiap daya serapnya. Hal ini yang membuat Tissue Paseo banyak diminati konsumen, terutama bagi para ibu rumah tangga. Mereka juga dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan dalam proses produksinya. Ini merupakan poin inti dan daya tarik bagi konsumen yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Namun demikian, harga produk yang cenderung lebih tinggi dibandingkan merek-merek tisu lainnya menjadi kelemahan umum yang diketahui konsumen. Bahkan, sebagian masyarakat didalam dan diluar pasar Indonesia, belum terlalu mengenal Tissue Paseo.

Didukung dengan penjualan data real diatas, Tissue Paseo berhasil menyalip Tessa sejak tahun 2014. Bahkan Tissue Paseo menjadi Top Brand Tracking yang diminati mengalahkan Tissue Nice dan Multi sebagai pesaing lain dengan perolehan tiap tahun mendekati 50% penjualannya .

Berdasarkan data penjualan tersebut, Tissue Paseo masih belum bisa menyentuh perolehan penjualan diangka 50% karena semakin banyak pesaing merek-merek lain yang menghadirkan produk baru mereka dengan harga yang relatif murah dibandingkan Paseo. Maka saran saya pada produk Tissue Paseo harus menargetkan segmen menengah kebawah terlepas dari merek mereka sebagai merek internasional agar konsumen penjuru pasar yang dituju mengenal Tissue Paseo dan mampu memberikan stok bagi toko-toko kecil dengan ukuran standar sesuai targetnya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun