Mohon tunggu...
azzamramadhanperpusdig
azzamramadhanperpusdig Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa D4 Perpustkaan Digital Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menggali Kebutuhan Informasi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

17 Desember 2024   20:58 Diperbarui: 17 Desember 2024   20:58 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa D4 Perpustakaan Digital Melakukan Wawancara dengan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

MENGGALI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA BARU FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Selasa, 10 Desember 2024

Bertempat di sekitar Gedung Kuliah Bersama Universitas Negeri Malang, sekelompok mahasiswa Program Studi D4 Perpustakaan Digital, Fakultas Vokasi, mengadakan wawancara dengan lima mahasiswa baru dari Fakultas Ilmu Pendidikan pada Senin (2/12/2024).

Wawancara ini merupakan bagian dari tugas Mata Kuliah Literasi Informasi dan bertujuan untuk menggali kebutuhan, tantangan, serta pengalaman mahasiswa baru dalam mengakses dan memanfaatkan informasi selama berkuliah di Universitas Negeri Malang selama kurang lebih satu semester ini.

Kelima mahasiswa yang diwawancarai memiliki latar belakang program studi yang berbeda. Tiga di antaranya berasal dari Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, yaitu HNE, KZM, dan RTZ, sementara dua lainnya, YIP dan HPL, merupakan mahasiswa dari Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Adapun rangkuman hasil wawancara kami yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan Informasi Selama Kuliah

Berdasarkan hasil wawancara kami, diketahui bahwa informasi yang paling dibutuhkan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan mencakup berbagai topik, seperti:

  1. Dinamika Dunia Pendidikan: Informasi dari jurnal, artikel, dan video terkait masalah pendidikan, literasi, pembelajaran daring, serta kebijakan terkini.

  2. Metode Pembelajaran Inovatif: Blended learning, gamifikasi, flipped classroom, dan pembelajaran berbasis proyek.

  3. Pengembangan Kurikulum: Kurikulum Merdeka, integrasi teknologi, serta pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

  4. Pendidikan Dasar: Karakteristik siswa, metode interaktif, dan asesmen perkembangan.

  5. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun