Pada kegiatan MBKM Mandiri yang merupakan program dari UPI Kampus Daerah Cibiru, saya Az-Zahra Aulia K (21) selaku mahasiswi semester 6 berkesempatan mengajarkan pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan strategi Index Card Match. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 146 Gumuruh Bandung, dengan sasaran siswa kelas 1 pada Senin (15/05/2023).
Dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran tidak akan terlepas dari yang namanya strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran adalah cara atau siasat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat membantu guru dalam proses pembelajaran agar pembelajaran yang berlangsung menjadi lebih bermakna. Proses pembelajaran yang baik tidak akan terlepas dari strategi pembelajaran yang baik pula. Oleh karena itu guru sebagai pendidik diwajibkan untuk bisa memilih strategi pembelajaran yang cocok dengan kondisi siswa, kelas, serta materi yang akan diajarkan.
Strategi pembelajaran juga dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang tepat akan menjadikan proses pembelajaran tidak terkesan kaku serta dapat membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran Index Card Match. Strategi pembelajaran Index Card Match adalah strategi dimana siswa diharuskan untuk mencocokan kartu pertanyaan dan jawaban. Strategi pembelajaran Index Card Match ini dapat digunakan pada berbagai materi pembelajaran salah satunya adalah dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi Greetings atau kata sapaan.
Dalam penerapan strategi pembelajaran Index Card Match ini dibutuhkan suatu media untuk menjalankan prosesnya. Media yang digunakan yaitu kartu yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat siswa. Nantinya kartu tersebut dibuat sebanyak jumlah siswa di kelas, lalu sebagian kartu diberi pertanyaan yang berkaitan dengan materi dan sebagian lainnya diberi jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat. Setelah itu guru bisa memberikan kartu pada masing-masing siswa dan meminta siswa mencari pasangan siswa lainnya untuk mencocokan kartu pertanyaan serta jawaban dengan tepat.
Dalam prosesnya siswa menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung pun tidak menjadi kaku sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match ini juga dapat membantu siswa berpikir kritis karena siswa dituntut untuk bisa mencari kartu jawaban yang tepat dari kartu pertanyaan yang telah dibagikan. Selain itu strategi ini juga dapat melatih siswa dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya.
Strategi pembelajaran Index Card Match selain bermanfaat untuk siswa tetapi juga bermanfaat untuk guru. Penerapan strategi pembelajaran ini dapat membantu guru untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran sehingga siswa tidak akan bosan dan malas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Diharapkan para guru sebagai pendidik dapat menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match dan strategi pembelajaran lainnya yang menyenangkan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI