Mohon tunggu...
Azza Faizah
Azza Faizah Mohon Tunggu... -

Planologi ITS '09

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tahu itu wajib: Ayo simak monitoring evaluasi partisipatif (MEP)

12 Juni 2013   18:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:08 922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Teknik Evaluasi Pembangunan

Model pembangunan yang selama ini dikembangkan di Indonesia bercorak top-down approach dimana suatu perencanaan pembangunandatang dari pemerintah bukan dari masyarakat sebagai penggagas rencana pembangunan sehingga menempatkan masyarakat sebagai objek pembangunan. Di sisi lain, dampak yang ditimbulkan adalah posisi masyarakat menjadi objek sehingga pasokan sumberdaya manusia berkurang.

Participatory Monitoring merupakan aktifitas yang melibatkan pihak bersangkutan untuk mencari informasi dalam mengembangkan kegiatan atau proyekyang sedang berjalan secara reguler-harian, mingguan-kwartalan sebagai bagian pekerjaan rutin serta sebagai bagian desain monitoring dan evaluasi. Jadi, pihak yang bersangkutan atau dalam hal ini penyelenggara proyek melakukan pencarian informasi secara reguler agar suatu proyek tersebut berjalan sesuai waktu dan sasaran yang ditetapkan.

Sedangkan Participatory Evaluation merupakan kegiatan yang melibatkan pihak bersangkutan dalam periodik penilaian aspek efisiensi dan relevansi proyek, termasuk dampaknya terhadap konteks pencapaian tujuan. Kegiatan ini dilakukan setelah suatu proyek telah selesai dilaksanakan. Bentuk evaluasi ini mencakup penilaian baik positif maupun negatif. Hasil yang dikeluarkan berupa uraian kesimpulan dan manfaat atas terlaksana kegiatan tersebut.

Tahap monitoring dan evaluasi partisipatif (MEP) antara lain:

Tahap 1: perencanaan evaluasi dan monitoring partisipatif

Tahap 2: klarifikasi tujuan dan stakeholder

Tahap 3: menentukan informasi yang dibutuhkan serta pengembangan kuesioner monitoring dan evaluasi

Tahap 4: membangun indikator kunci

Tahap 5: menentukan sumber informasi dan desain alat mengumpulkan data

Tahap 6: rencanaan analisa data dan penggunaan hasil

Tahap 7: menyempurnakan dan menguji sistem monitoring dan evaluasi

Tahap 8: melakukan review proyek dan evaluasi eksternal

Tujuan monitoring dan evaluasi partisipatif (MEP) adalah:

1.Membangun kapasitas manajemen dengan meningkatkan kapasitas evaluasi (kemampuan membandingkan masalah dan kemampuan memecahkan masalah) melalui keterlibatan dalam evaluasi, meningkatkan kapasitas organisasi manajemen dan administratif melalui akuisisi pengetahuan dan informasi guna peningkatan kinerja proyek sertamemperkuat ikatan dengan institusi terkait melalui kerjasama keterlibatan dalam evaluasi.

2.Meningkatkan kinerja manajemen proyek dan kontrol kualitas.

3.Mendorong rasa kepemilikan dan membangun kapital sosialdengan meningkatkan rasa kepemilikan dari pihak stakeholder melalui keterlibatan dalam evaluasi, meningkatkan keberlanjutan proyek melalui dorongan rasa kepemilikan sertamembangun rasa memiliki atas proses pemecahan masalah, rekomendasi dan aksi.

4.Meningkatkan efektifitas timbal balik.

5.Meningkatkan akuntabilitasdengan memberikan pemahaman atas keragaman keperluan dan prioritas dari pihak stakeholder,memberikan pemahaman faktor-faktor produksi yang dibutuhkan,memberikan pemahaman yang lebih banyak dan ragam (multidimensi) atas dampak program, sertameningkatkan kredibilitas atas hasil evaluasi.

Manfaat monitoring dan evaluasi partisipatif (MEP) antara lain:

1.Mengetahui proses dan hasil terhadap penyelenggaraan program/proyek.

2.Perencanaan dan melaksanaan rencana proyek dengan lebih baik di masa mendatang.

3.Hasil monitoring dan evaluasi dapat digunakan sebagai
bahan untuk melaksanakan perbaikan program
/proyek di masa yang akan datang.

4.Membantu organisasi untuk membuat keputusan sesuai dengan framework visi dan misi organisasi.

Beberapa prinsip monitoring dan evaluasi partisipatif (MEP) yang dijadikan dasar sebagai pelaksanaan MEP antara lain:

1.Penerima danpelaku program/proyeksendiri yang melakukan evaluasi sedangkan pihak luar hanya sebagai fasilitator.

2.Penyelenggara membangun kemampuan dalam melakukan analisa dan pemecahan masalah.

3.Proses membangun komitmen dalammelaksanakan tindakan perbaikan sebagai hasil rekomendasi.

DAFTAR PUSTAKA

§http://www.scribd.com/doc/142723769/Monev-Program-Partisipatif

§http://octa09.wordpress.com/2010/06/06/metode-evaluasi-partisipatif-dengan-pra-participatory-rural-apraisal/

§http://pkbmku.blogspot.com/2009/05/monitoring-dan-evaluasi.html

§http://herizal-effendi-arifin.blogspot.com/2011/07/evaluasi-partisipatif-sebuah-pengantar.html

§Wilopo.BAPPENAS.Monitoring Evaluasi Partisipatoris.ub.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun