Mohon tunggu...
AZZA ANNATHIFA
AZZA ANNATHIFA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Aplikasi BakMin sebagai Upaya Pendataan Bakat dan Minat Pelajar di Indonesia

7 Desember 2021   21:21 Diperbarui: 15 Desember 2021   12:25 815
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://unsplash.com/@thomascpark

Bakat dan minat merupakan salah satu elemen penting bagi masa depan seorang pelajar. Dilihat dari realitanya, tidak semua kalangan pelajar dapat mengoptimalkan bakat dan minatnya, baik secara lingkungan ataupun faktor lain yang dapat menstimulasi perkembangannya. Mengembangkan bakat dan minat tentunya memerlukan lingkungan yang positif. Di era teknologi saat ini, banyak dijumpai beragam aplikasi untuk membantu kelangsungan hidup manusia, contohnya seperti aplikasi yang memudahkan dalam berwisata, membuka usaha ataupun untuk mengatur jadwal kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini. Namun, dengan banyaknya aplikasi yang ada, masih minim aplikasi yang mampu membantu pelajar sebagai wadah untuk mengeksplor bakat dan minat mereka.

Bakat dan minat dapat menunjang kemampuan pelajar dalam berproses karena setiap individu memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Bakat merupakan hal yang mencakup segala faktor yang ada dalam diri individu yang dimiliki sejak awal pertama kehidupannya dan kemudian menumbuhkan perkembangan keahlian, keterampilan, dan kecakapan tertentu (Kartono, 1985). Bakat ini sifatnya laten potensial, sehingga bisa tumbuh dan dikembangkan. Minat adalah suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang atau gembira (Rahman, 2004). Oleh karena itu, diperlukan medium berupa aplikasi yang mampu mewadahi dan mengembangkan hasrat pelajar terutama terhadap bakat dan minat mereka yaitu aplikasi BakMin.

PEMODELAN DAN CARA KERJA APLIKASI BAKMIN

Aplikasi BakMin memiliki potensi yang besar karena aplikasi ini membantu penggunanya, khususnya pelajar dalam mencari komunitas dan informasi mengenai pengembangan bakat dan minatnya. Di sisi yang lain, aplikasi ini dapat membuka lapangan pekerjaan baik sebagai tutor materi, admin aplikasi, dan juga penyedia event beserta panitianya. Untuk mempermudah pengaksesan aplikasi ini, aplikasi BakMin akan menawarkan ketersediaan akses instalasi pada android, ios, dan juga pc. 

Bagi pengguna aplikasi BakMin yang masih belum memiliki gambaran mengenai jati diri bakatnya, akan diarahkan ke link Multiple Intelligence Test yang berlandasan teori kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Garder, seorang  psikologi dari Universitas Harvard.  Semua intelegensi itu berbeda-beda, tetapi semuanya sederajat. Hal ini mampu memfokuskan pengguna dalam mengarahkan bakat yang benar-benar mereka kuasai.

Selain dari bakat, aplikasi ini juga memberi opsi minat yang berupa minat vokasional dan minat avokasional yang menggunakan pemikiran Guildford pada tahun 1956 sebagai acuannya. Minat vokasional sendiri merupakan segala jenis minat yang berkorelasi dengan bidang-bidang kegiatan pekerjaan. Di satu sisi, minat avokasional cenderung berminat pada kegiatan-kegiatan yang dilandaskan pada hobi. 

Aplikasi BakMin mampu memfasilitasi video pembelajaran atau pdf materi, informasi lomba, online class berupa jadwal meeting bersama tutor, webinar, dan fitur forum yang berguna dalam pembangunan minat dan bakat para penggunanya. Aplikasi BakMin juga menawarkan kegiatan secara luring dalam upaya membentuk komunitas yang menyenangkan seperti outbound, kegiatan belajar bersama, atau meet and greet yang bisa diikuti oleh pelajar Indonesia.

Aplikasi BakMin akan memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengakses informasi dan juga fitur komunikasi dalam komunitas yang terdiri dari berbagai orang yang memiliki bakat dan minat yang sama se-Indonesia. Chat adalah suatu feature atau suatu program di Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pengguna internet yang sedang online yang sedang sama-sama menggunakan Internet (Ismal dan Mansyur, 2009). Perihal mengenai fitur komunikasi akan diberikan fitur-fitur menarik seperti forum global dalam satu aplikasi, fitur chat yang memungkinkan semua pengguna yang berada dalam satu lingkup kecerdasan, lalu untuk menghindari chat yang bersifat spam dan berkonotasi negatif akan diberikan percabangan chat yang berisi orang terbatas berupa room chat, dan terakhir terdapat fitur chat pribadi yang membantu sesama pengguna berhubungan satu sama lain dengan tujuan menjalin koneksi.

Cara kerja aplikasi BakMin diawali dengan pengisian data oleh penggunanya yang merupakan fitur profil pengguna. Aplikasi ini memerlukan fakta dari data pelajar dalam pengoperasiannya yang berasal dari kuesioner bakat dan minat yang diisi oleh pengguna. Pengguna diminta untuk mengisi data berupa informasi data diri yang valid dan kategori apa saja yang ia minati beserta potensi bakat yang ia miliki. Setelah itu, pengguna akan dapat masuk ke halaman utama aplikasi, pada halaman ini terdapat berbagai fitur pilihan sebagaimana yang disebutkan pada penjelasan sebelumnya. Disini, pengguna dapat menekan fitur yang ia inginkan dan setelah itu tentunya akan direkomendasikan berbagai fasilitas berdasarkan tag bakatnya yang sudah di isi. Pengguna juga dapat menambah tag bakat atau minat pada profilnya sehingga bisa fleksibel mengakses berbagai fasilitas pada aplikasi ini. 

Aplikasi BakMin tentunya masih bersifat rancangan sehingga artikel ini hanya memaparkan ide-ide dalam pembuatan aplikasi ini untuk kedepannya. Harapannya, BakMin dapat membantu memfasilitasi pelajar untuk meningkatkan kualitas dirinya, menambah relasi, dan meningkatkan sejumlah prestasi yang nantinya dapat dilihat berdasarkan review aplikasi. Untuk kedepannya, perlu adanya pembaharuan yang dilakukan secara berkala dalam upaya modifikasi pada aplikasi ini sehingga dapat menciptakan aplikasi edukasi yang berkualitas, bermanfaat, dan mampu bersaing.

DAFTAR RUJUKAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun