Azwir

Hobi Traveling, Pecinta Kuliner, Olahraga, Budaya

Menyusuri Keindahan Gua Sarang di Sabang

28 Juli 2024   22:18 Diperbarui: 28 Juli 2024   22:37 114

Perjalanan kali ini membawa kami ke destinasi yang menakjubkan di Sabang, yaitu Gua Sarang. Perjalanan ini dipenuhi dengan pemandangan alam yang memukau dan pengalaman yang tak terlupakan. Dimulai dari Sigli menuju Banda Aceh, kami melanjutkan perjalanan ke Sabang dengan antusiasme tinggi.

Kami berangkat sore hari dari Sigli menuju Banda Aceh dengan sepeda motor, menikmati setiap momen perjalanan. Setelah tiba di Banda Aceh, kami beristirahat semalam untuk mempersiapkan diri menuju Sabang keesokan paginya.

Pagi hari sebelum jam 8, kami tiba di Pelabuhan Ulee Lheu. Setelah memesan tiket kapal cepat untuk dua orang dan tiket sepeda motor, kami berangkat ke Sabang. Perjalanan dengan kapal cepat hanya memakan waktu sekitar 45 menit, sementara sepeda motor kami dititipkan di KMP BRR yang memakan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di Sabang.

Setibanya di Pelabuhan Balohan Sabang, kami bersantai sejenak di area pelabuhan sambil menikmati makanan dan minuman ringan. Setelah menunggu kedatangan sepeda motor dari KMP BRR, kami segera melanjutkan perjalanan menuju Gua Sarang. Kali ini, kami memilih rute melewati Pantai Pasir Putih, meskipun ada tanjakan yang tinggi, perjalanan ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Setelah 45 menit perjalanan, kami tiba di Gua Sarang yang terletak di Desa Sarang, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Gua ini terkenal dengan keindahannya yang memukau. Setelah memarkirkan kendaraan, kami menuruni anak tangga sepanjang kurang lebih 100 Meter menuju pantai berbatu.

Perjalanan kami menuju Gua Sarang di Sabang benar-benar menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan petualangan seru, kami terpesona oleh keindahan yang tersembunyi di balik gua-gua ini.

Dalam perjalanan menuju mulut gua, kami harus melewati bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai, terdapat formasi batuan besar yang menjulang tinggi. Batu-batu ini seakan menyambut kami dengan keindahan alami yang mempesona. Dengan latar belakang air laut yang jernih, kami tak henti-hentinya terkagum-kagum melihat keagungan alam yang tersaji di hadapan kami.

Gua Sarang terkenal dengan keindahannya yang luar biasa. Terletak di pinggir laut, Gua ini memiliki empat mulut gua yang masing-masing menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Terlihat formasi batuan yang unik dengan lubang besar di tengahnya, menciptakan pemandangan yang spektakuler. Keindahan alam ini benar-benar membuat kami merasa berada di surga tersembunyi.

Dokumentasi Pribadi

Menghadapi tantangan melewati bebatuan untuk mencapai Gua menjadi bagian dari petualangan yang seru. Meskipun harus berhati-hati agar tidak tergelincir, setiap langkah terasa memuaskan karena pemandangan yang menanti di ujung perjalanan. Dari mulut gua, kami dapat melihat birunya air laut yang mengarah langsung ke Samudra Hindia, serta gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilingi Gua Sarang.