Mohon tunggu...
Azura Humaira
Azura Humaira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

individu yang dinamis dan penuh semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan PKM Mahasiswa SI Unpam: "Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Figma dalam Pembelajaran Desain Grafis"

2 November 2024   16:47 Diperbarui: 2 November 2024   17:41 391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangerang Selatan - Kamis, 24 Oktober 2024. Dalam rangka mendukung perkembangan kreativitas siswa, sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang (PKM) dilaksanakan di SMK Kebangsaan dengan tema "Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Figma dalam Pembelajaran Desain Grafis". 

Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa Universitas pamulang, yang dimana program ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat di kampus kepada masyarakat luas.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong siswa agar mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menciptakan karya desain grafis serta memperkenalkan siswa pada teknologi desain terkini, seperti Figma, yang dapat membuka peluang bagi mereka untuk mengembangkan minat dan karir di bidang desain.

Kegiatan ini dimulai dengan workshop interaktif yang dihadiri oleh 37 siswa. Para peserta diperkenalkan tentang apa itu Desain Grafis dan Figma, dan siswa juga dijelaskan mengenai peran Figma dalam Desain Grafis.

Figma merupakan sebuah platform desain berbasis cloud yang telah merevolusi cara kita mendesain, terutama dalam bidang desain grafis, UI/UX, dan prototyping. Dengan fitur-fitur yang inovatif dan kemampuan kolaborasi yang kuat, Figma telah menjadi pilihan populer bagi desainer, tim desain, dan perusahaan di seluruh dunia. 

Penyampaian Materi
Penyampaian Materi

Kegiatan berfokus pada pengenalan dasar penggunaan figma, seperti memahami antarmuka, berbagai fitur utama seperti alat gambar, pengaturan warna, serta fungsi elemen teks dan gambar. Siswa diperkenalkan dengan konsep dasar desain, seperti komposisi, tata letak, dan kombinasi warna, yang menjadi -pondasi dalam membuat karya yang menarik secara visual. Penggunaan Figma sebagai alat desain dipilih karena keunggulannya yang berbasis cloud, memungkinkan siswa untuk mengakses dan bekerja dari berbagai perangkat tanpa memerlukan spesifikasi yang tinggi.

Selama pelatihan, mahasiswa juga menyempatkan diri untuk memberikan contoh-contoh karya profesional yang dibuat dengan Figma seperti layout website, guna memperluas wawasan siswa mengenai berbagai kemungkinan penggunaan aplikasi ini dalam bidang desain. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk terus mengasah keterampilan desain dan menggunakan Figma untuk berbagai proyek kreatif lainnya di sekolah.

Penyampaian Materi
Penyampaian Materi

Melalui pelatihan desain grafis berbasis Figma ini, diharapkan para siswa dapat terus menggali potensi kreatif mereka dan memperoleh dasar keterampilan desain grafis yang berguna bagi masa depan. Dengan aplikasi Figma yang mudah digunakan dan fitur-fitur inovatifnya, siswa memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dunia desain secara menyenangkan, serta menciptakan karya-karya yang lebih beragam. Program ini menunjukkan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas generasi muda, yang akan menjadi aset berharga dalam menghadapi tantangan dunia digital di masa mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun