Mohon tunggu...
azriel raisian
azriel raisian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

jadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai pedoman persatuan bangsa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perilaku Konsumen terhadap Diskon Lebaran di Ramayana

23 April 2024   11:39 Diperbarui: 23 April 2024   14:23 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Moment lebaran merupakan sebuah perayaan bagi seluruh umat muslim diseluruh dunia, berbagai macam cara orang-orang untuk menyambut perayaam tersebut dengan salah satunya berbelanja kebutuhan untuk hari raya, seperti membeli kue lebaran, kebutuhan rumah, hingga baju dan sepatu lebaran.

Maka dari itu moment lebaran yang sangat ditunggu-tunggu ini menjadi ajang orang-orang untuk berbelanja berbagai kebutuhan fashion, mulai dari gamis, kerudung, baju koko, hingga sepatu ataupun sendal.

Sumber: Bangkapos.com

Sudah menjadi tradisi bagi setiap keluarga Indonesia berbelanja pada saat sebelum hari raya tiba, banyak toko-toko atau pusat perbelanjaan berlomba-lomba memberikan diskon dan promosi untuk konsumen supaya menarik perhatian bahkan meningkatkan pembelian.

Perilaku konsumen di Ramayana selama Lebaran melibatkan peningkatan pembelian pakaian baru, barang-barang kebutuhan rumah tangga, dan makanan khusus untuk perayaan. Ini juga bisa mencakup pembelian kue-kue khas Lebaran, parcel Lebaran, dan dekorasi rumah, ditambah lagi dengan tamabahan berbagai macam diskon penawaran yang menarik, sehingga konsumen dapat dengan mudah membeli berbagai macam kebutuhannya untuk hari raya.

Selama Lebaran, perilaku konsumen cenderung meningkat karena banyak orang mempersiapkan diri dengan membeli pakaian baru, hadiah, makanan khusus Lebaran, dan barang-barang kebutuhan rumah tangga. Ada juga tren peningkatan pembelian oleh konsumen untuk mempercantik rumah dan menyambut tamu yang berkunjung. Selain itu, pembelian parsel atau hadiah untuk keluarga dan kerabat juga menjadi bagian penting dari perilaku konsumen selama periode ini.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap penawaran menarik seperti diskon dll, menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, terlebih lagi store Ramayana yang sudah lama menjadi tujuan utama pusat perbelanjaan atribut yang lengkap serta terjangkau.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun