Â
  Strategi secara umum yakni rencana atau rancangan guna mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan. Strategi pembelajara sangat penting dalam proses pembelajaran agar tujuan yang direncanakan tercapai. Akan tetapi yang akan dibahas disini mengenai strategi pembelajaran aktif. Secara pembelajaran aktif yakni mengikut sertakan peserta didik dalam melaksanakan rangkaian proses pembelajaran secara aktif. Sebelumnya erlu diketahui strategi pembelajaran aktif bukanlah sebuah teori atau ilmu pengetahuan, melainkan sebuah strategi partisipatif yang memungkinkan peserta didik sebagai subjek belajar secara optimal mengubah cara berpikirnya maupun perilakunya serta dapat bertindak lebih maksimal. Dalam proses pembelajaran anak usia dini sangatlah penting untuk menentukan rancangan pembelajaran. Ada beberapa metode guna menghidupkan pembelajaran yang aktif di kelas berikut penjelasannya :
1.BCCT ( beyond centre and circle time)
   Strategi BCCT ( beyond centre and circle time) merupakan strategi praktik pada anak usia dini yang memadukan teori dan pengalaman praktik. Berikut penjelasannya :
a.Pijakan lingkungan bermain
Guru menyiapkan area, perlengkapan, dan bahan bermain sesuai dengan tema dan kelompok sesuai usia anak.
b. Pijakan sebelum, selama, dan setelah bermain
Guru menyiapkan kondisi, lokasi, peralatan, dan kontrol sebelum anak bermain dan guru memberikan dukungan yang berubah seiring perkembangan anak.
c. Pembukaan
Guru mengawali kegiatan dengan memberi salam, berdoa, dan menanyakan kabar pada peserta didik.
d. Penjelasan materi