Peran International Marketing dalam Strategi Bisnis Internasional
- oleh Mi'rojul Azkiyyah (2020-271), Kartika Dewi Nur Afifah (2020-233), Reza Amalia (2020-230), Firdah Safira (2020-249)
Karena minat pemasaran semakin menonjol sebagai orientasi yang dimiliki oleh setiap orang dalam organisasi sebagai proses yang diikuti oleh semua fungsi, masalah penting yang muncul adalah peran fungsi berikutnya. Secara khusus, peran apa yang harus dimainkan oleh fungsi pemasaran, dan apa nilai fungsi pemasaran, jika ada, dalam organisasi berorientasi pasar yang kuat?
Para penulis (Moorman, Christine; Rust, Roland T; 1990) berpendapat bahwa sementara orientasi pasar perusahaan yang tak terbantahkan itu penting, fungsi pemasaran harus memainkan peran penting dalam mengelola sejumlah hubungan penting antara pelanggan dan faktor kunci perusahaan, termasuk menghubungkan pelanggan dengan produk, menyediakan layanan, dan akuntabilitas keuangan.
Penulis mengumpulkan data dari manajer di enam fungsi bisnis dan dua periode waktu yang terkait dengan peran pemasaran, orientasi pasar, nilai fungsi pemasaran, dan kinerja perusahaan yang dirasakan. Hasilnya menunjukkan bahwa fungsi pemasaran berkontribusi pada persepsi kinerja keuangan yang solid, kinerja hubungan pelanggan, dan kinerja produk baru di luar interpretasi yang digerakkan oleh pasar perusahaan. Nilai pasar, pada gilirannya, ditemukan sebagai fungsi sejauh mana ia mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghubungkan pelanggan dengan produk dan akuntabilitas keuangan. Bagi perusahaan jasa, nilai fungsi pemasaran juga berhubungan positif dengan kemampuan pemasaran pelanggan dalam memberikan jasa.
Dalam artikel ini, kami memperdebatkan nilai fungsi pemasaran yang digerakkan oleh pasar secara luas dari sebuah organisasi. Argumen-argumen ini menunjukkan bahwa fungsi pemasaran dapat dan harus hidup berdampingan dengan orientasi pasar dan efektivitas orientasi pasar bergantung pada keberadaan fungsi yang kuat termasuk pemasaran. Untuk memperjelas kasus kami, kami menyajikan kerangka kerja yang mendefinisikan ruang lingkup fungsi pemasaran dan bagaimana ia beroperasi di dunia multifungsi dari perusahaan yang berorientasi pasar. Inti dari kerangka ini adalah gagasan bahwa fungsi pemasaran memfasilitasi hubungan antara pelanggan dan berbagai proses penting dalam perusahaan (Day 1994). Kami memeriksa nilai fungsi pemasaran dan ruang lingkupnya dalam upaya empiris skala besar.
Melalui hasil penelitian, kajian pemasaran internasional merupakan kunci untuk mencapai tujuan bisnis bisnis. Tujuan bisnis di sini bisa membeli, menjual, atau berinvestasi dalam produksi di pasar luar negeri yang ingin ditangkap oleh bisnis. Kegiatan bisnis internasional memungkinkan dunia usaha untuk secara aktif dan aktif berpartisipasi dalam pembagian kerja internasional dan pertukaran perdagangan internasional, menjadikan ekonomi nasional sistem terbuka, menciptakan jembatan antara ekonomi domestik dan ekonomi dunia, mengubah ekonomi dunia menjadi tempat untuk memberikan input dan konsumsi output bagi perekonomian nasional dalam sistem perekonomian. Internasional.
Pada saat yang sama, berpartisipasi di pasar dunia juga membantu bisnis untuk sepenuhnya memanfaatkan keunggulan komparatif masing-masing negara, mencapai skala optimal untuk setiap industri manufaktur, menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk membangun sektor ekonomi. Menjadi ujung tombak, meningkatkan produktivitas tenaga kerja, kualitas produk dan menurunkan biaya, mempromosikan eksploitasi faktor pertumbuhan secara mendalam, bertukar dan menerapkan teknologi baru dengan cepat, menarik modal investasi. Dari luar, meningkatkan laju pertumbuhan dan efisiensi perekonomian nasional.
Kegiatan bisnis internasional dilakukan dalam berbagai bentuk seperti melalui ekspor barang, perusahaan bisnis internasional untuk meningkatkan pendapatan mata uang asing untuk meningkatkan modal cadangan, untuk meningkatkan pengumpulan pendapatan, menarik investasi dalam negeri; dalam bentuk kerja sama penanaman modal, menarik modal penanaman modal asing untuk menanam modal, membangun basis teknis dan material bagi perekonomian; melalui kegiatan penghimpunan valuta asing seperti pariwisata, resistansi untuk meningkatkan penerimaan valuta asing melalui jumlah kunjungan wisatawan; melalui pinjaman dari negara, lembaga kredit, bank di seluruh dunia untuk menambah modal investasi dalam negeri sementara modal akumulasi internal kita rendah; meningkatkan modal dalam mata uang asing dengan mengekspor tenaga kerja dan ahli ke negara-negara yang kekurangan tenaga kerja, penggunaan sumber daya yang rasional, menciptakan lebih banyak pekerjaan dan meningkatkan pendapatan mata uang asing bagi perekonomian.
Memperluas kegiatan bisnis internasional, meningkatkan kerjasama ekonomi, transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan negara-negara dengan ekonomi kurang berkembang kesempatan untuk memperbaiki struktur ekonomi menuju industrialisasi. memodernisasi negara. Menciptakan peluang distribusi sumber daya dalam negeri dan menarik sumber daya eksternal ke dalam pengembangan sektor-sektor dan cabang-cabang ekonomi nasional secara efektif, mengatasi kekurangan sumber daya untuk pembangunan negara seperti modal, sumber daya manusia yang berkualitas, teknologi modern, dan pada pada saat yang sama menciptakan kondisi bagi perusahaan domestik untuk mencapai pasar dunia. Pasar domestik untuk negara berkembang seringkali dibatasi, tidak merangsang pertumbuhan produksi.