Mohon tunggu...
Azkia Tamami
Azkia Tamami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab dari Universitas Negeri Jakarta. Saya suka mengikuti beberapa organisasi. Selain itu, saya aktif dalam mengikuti kepanitiaan. Dan saya juga punya pengalaman menjadi seorang guru les membaca anak-anak SD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pancasila sebagai Nilai Etika pada Kehidupan Mahasiswa

18 Desember 2023   14:10 Diperbarui: 18 Desember 2023   14:24 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo semua! perkenalkan saya Azkia Tamami sebagai salah satu mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta.  Pernahkah kalian mendengar kata "Nilai Etika dalam Pancasila" ? Etika Pancasila adalah cabang filsafat yang dijabarkan dari sila-sila Pancasila untuk mengatur perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Nah banyak sekali contoh perilaku nilai etika yang terdapat pada kegiatan sehari-hari kita. Terlebih lagi seperti kita mahasiswa penerus bangsa. Apa aja si kira-kira perilaku yang mengandung nilai-nilai etika dari fungsi pancasila? Yuk di simak cerita keseharian saya sebagai mahasiswa!


Di pagi hari saya bangun tidur dan melakukan salat subuh dan membaca zikir. Salat merupakan pencerminan nilai etika sila ke-1. Kemudian saya membantu ibu saya memasak dan menyiapkan keperluan sekolah adik saya, perilaku tersebut mencerminkan nilai etika sila ke-2 dan ke-5, karena saling membantu demi kesejahteraan di rumah. Lalu saya melakukan kewajiban sebagai anak yaitu membantu membersihkan rumah sebelum saya berkegiatan, perilaku tersebut juga mencerminkan nilai etika sila ke-2 dan ke-4 yaitu bergotong-royong untuk membersihkan rumah. Kemudian saya mandi dan merapihkan atau menggosok baju yang saya akan kenakan, dan perilaku tersebut mencerminkan etika sila ke-2, karena merapihkan pakaian yang dikenakan membuat saya terlihat rapih dan sopan sehingga orang yang akan bertemu saya senang dan merasa dihargai. Kemudian saya meminta tolong kepada orang tua agar mengantarkan saya ke halte untuk pergi ke kampus, dan tidak lupa berterima kasih,  perilaku tersebut juga mencerminkan nilai etika sila ke-2 karena beretika di saat meminta bantuan.

 Saya pergi ke kampus menaiki transportasi umum, alasannya adalah untuk mengurangi polusi yang ada di kota, perilaku tersebut juga mencerminkan nilai etika sila ke-3 dan ke-5. Ketika naik transportasi umum, saya suka memberikan tempat duduk kepada orang-orang prioritas. Perilaku tersebut mencerminkan nilai etika sila ke-2 dan ke-4 karena mengedepankan kepentingan orang lain dibanding kepentingan diri sendiri. Dan saya menerapkan budaya antri karena itu salah satu cara menghargai orang lain dan termasuk nilai etika sila ke-4. Juga di tempat umum saya suka memperhatikan keadaan sekitar dan dengan senang hati saya membantu orang ketika mendapatkan kesulitan dan itu termasuk nilai etika ke-2 dan ke-5.

 Saya berusaha sampai tempat waktu di kampus karena untuk menghargai dosen serta bentuk komitmen dalam belajar, perilaku tersebut termasuk nilai etika sila ke-2 dan saya mendengarkan serta mencatat apa-apa yang dijelaskan oleh dosen. Dan ketika waktu istirahat, saya mengajak teman saya makan siang dan shalat, perilaku tersebut merupakan cerminan sila ke-1 dan ke-2. Sepulangnya dari kampus dan ketika di perjalanan menuju rumah saya suka memberi senyum dan sapa kepada orang-orang yang saya temui di jalan terlebih kepada saya yang saya kenal, perilaku tersebut termasuk sila ke-2 dan ke-3. 

Ketika di jalan banyak anak kecil yang sedang bermain , saya sering kali memanggil atau mengajak menepi karena banyak motor yang berlalu lalang.  Perilaku tersebut mencerminkan  nilai etika sila ke-2.  Sesampainya di rumah saya beristirahat dan salat yang merupakan cerminan dari nilai etika sila ke-1.  Kemudian saya mengajar anak-anak les, terkadang anak-anak suka bertengkar saya dengan tenang mencoba menenangkan,  menasihati, dan bercerita sekaligus mencairkan suasana kembali. Perilaku tersebut mencerminkan sila ke-3, karena melerai pertikaian demi persatuan.

Ketika waktu magrib dan isya, saya salat, kemudian saya mengerjakan tugas dan mengulang beberapa pelajaran sebagai tanggung jawab saya dalam belajar dan termasuk pencerminan nilai etika sila ke-2 . Setelah itu saya mempersiapkan kebutuhan saya di esok hari seperti buku, pakaian, dan barang lainnya. Yang dimana itu termasuk nilai etika sila ke-2.  Kemudian saya bermain dan HP dan mendengar cerita teman saya, mendengar juga termasuk sila ke-4 karena menghargai pendapat atau argumen teman saya dalam bercerita.  Dan tertidur dengan tidak bergadang karena tubuh saya membutuhkan waktu beristirahat setelah beraktivitas seharian ini, tidak bergadang termasuk perilaku etika nilai ke-2.

Nah itulah keseharian saya sebagai mahasiswa. Ternyata banyak sekali ya hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan bagi diri kita itu menjadi sebuah nilai etika dari fungsi pancasila. Yang dimana secara perlahan kita telah menanamkan pancasila di dalam hati kita dengan bentuk pengaplikasian di kehidupannya sehari-hari. Mungkin teman-teman semua pasti banyak sekali pengalaman dan kebiasaan yang mengandung nilai-nilai etika dari fungsi pancasila. Yuk kita tanamkan Pancasila di kehidupan sehari-hari mahasiswa, demi terciptanya kualitas sumber daya manusia yang beretika di era Indonesia emas 2045!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun