Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lely ika cahyani dan Susilo Toto Raharjo tentang strategi UMKM untuk bersaing dipasar international yang berfokus pada kegiatan tiga UMKM dalam mengekspor produk menunjukan hasil bahwasanya selama ini kesulitan UMKM dalam menjangkau pasar international didasari oleh beberapa faktor.
Diantaranya sulitnya mendapat leverage dari pemerintah dan memiliki keunggulan yang kompetitif untuk bersaing dipasar international.
Namun itu semua bisa dilalui oleh tiga UMKM tersebut, yakni Naruna Ceramic, Bengok Craft, dan Rorokenes.
Kesuksesan tiga UMKM ini tentunya didasari oleh keahlian dalam memilih segmentasi pasar, memberikan kualitas yang sempurna, memiliki sumberdaya yang handal, Diferensiasi produk yang memiliki nilai tambah, harga yang kompetitif, distribusi pengiriman barang lancar, biaya pengiriman terjangkau dan memiliki berbagai keunggulan untuk bersaing dengan competitor di pasar ekspor dan impor.
Penelitian ini dilakukan dengan Teknik wawancara mendalam kepada ke 3 informan dengan total pertanyaan 39 dan dalam jangka waktu satu bulan penuh. Sehingga menghasilkan data yang mendalam, akurat, dan lengkap.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H