Mohon tunggu...
Azka Giovanni Karisma Putri
Azka Giovanni Karisma Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya hobi menari dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar

1 Desember 2024   21:42 Diperbarui: 1 Desember 2024   22:01 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak bermain gadget (sumber : grid.id)

Seperti yang kita ketahui, sekarang banyak sekali anak-anak mulai dari usia 2 tahun sudah dikenalkan dengan gadget. Hal ini, tentunya disebabkan karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sekarang, kebanyakan anak sekolah dasar sudah mempunyai gadget pribadi, hal tersebut menyebabkan beberapa dampak baik positif maupun negatif.  Diantaranya sebagai berikut ini :

1. Dampak positif

Pertama, penggunaan gadget memberikan dampak positif terhadap perkembangan psikologi anak, lebih tepatnya dalam ranah kognitif dan afektif. Anak Sekolah Dasar dapat dengan mudah mencari informasi tentang pembelajaran berkomunikasi dengan teman sebaya melalui gadget. Kemudahan dalam mengakses informasi dapat meningkatkan kreativitas dan pengetahuan anak. Selain itu, anak dapat mempelajari sikap dan nilai yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kedua, gadget juga dapat mendukung anak untuk belajar secara mandiri melalui akses tak terbatas ke informasi. Anak dapat mencari informasi, membaca buku digital, dan mengeksplorasi dunia dengan lebih luas. Selebihnya, gadget menawarkan peluang untuk pembelajaran interaktif. Aplikasi edukatif dapat membantu anak-anak dalam memahami konsep-konsep visual secara menarik yang dapat meningkatkan daya tangkap anak terhadap materi pelajaran. Selain itu, gadget dapat membantu perkembangan fungsi adaptif anak. 

Ketiga, gadget dapat memberikan dampak positif bagi motorik dan kognitif anak. Contoh keterampilan motorik yaitu terdiri dari otot-otot kecil, seperti pergerakan bibir, jari, dan pergelangan tangan, memiliki dampak positif pada kemampuan motorik anak. Anak-anak menggunakan otot jari mereka secara tidak langsung ketika berinteraksi dengan gadget seperti layar sentuh, mengetik dan menulis digital, permainan interaktif, dan sebagainya. Kapasitas berpikir atau memproses informasi, kemampuan penalaran, dan daya ingat, yang melibatkan aktivitas saraf dalam otak, adalah beberapa contoh efek positif pada aspek kognitif anak.

2. Dampak negatif

Selain dampak positif, penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar juga memiliki dampak negatif. 

Pertama, gadget dapat menghambat perkembangan bicara dan penggunaan bahasa anak karena anak lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar perangkat daripada berinteraksi dengan orang lain, yang dapat membantu mereka belajar berbicara. Hal ini mengakibatkan kurangnya kemampuan berinteraksi pada anak.

Kedua, penggunaan perangkat secara berlebihan dapat mengganggu perkembangan karakter anak.  Penggunaan gadget dengan konten yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada pembentukan karakter anak. Sebagai contoh, banyak video yang tersedia di situs web YouTube dan Tiktok yang dapat menyebabkan anak berperilaku tidak sopan terhadap orang yang lebih dewasa dan berbicara kasar. 

Ketiga, penggunaan gadget secara berlebihan dapat memengaruhi fungsi korteks prefrontal anak. Ketika seorang anak kecanduan gadget, otaknya melepaskan terlalu banyak hormon dopamin sehingga dapat mengganggu fungsi korteks prefrontal. Hal ini dapat berdampak negatif pada area otak yang mengontrol emosi, pengaturan diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan, dan prinsip moral lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun