Mohon tunggu...
Azizul
Azizul Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa yang "gabut"

;)

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pentingnya Sikap Gercep dan Tegas

22 Juni 2022   19:06 Diperbarui: 30 Juli 2024   16:11 644
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dari sekian banyak sikap unggul yang dapat kita latih, mengapa saya memilih untuk mengangkat sikap gercep dan tegas? Sikap gercep dan tegas ini merupakan sikap yang penting terutama bagi kita, generasi muda, yang akan menjadi seorang pemimpin nantinya. Sikap ini saya angkat berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti kegiatan pelatihan suatu organisasi yang menurut saya merupakan pelatihan yang paling memberikan dampak bagi saya. Sedikit cerita tentang pelatihan tersebut, waktu itu adalah hari penilaian dimana para peserta pelatihan dinilai apakah pantas untuk lanjut ke tahap berikutnya atau tidak. Dan yah, saya termasuk peserta yang tidak lulus dalam penilaian tersebut karena saya dinilai kurang tegas dan kurang gercep. Namun, saya diberikan kesempatan kedua untuk bisa lanjut mengikuti pelatihan yaitu dengan suatu konsekuensi dimana saya harus belajar dari para anggota anggota tua organisasi tersebut tentang sikap gercep dan tegas ini dan alhamdulillah saya bisa lanjut mengikuti pelatihan sampai akhirnya saya telah lulus sekarang dan menjadi anggota dari organisasi tersebut.

            Kembali ke topik bahasan awal, menurut KBBI, gercep merupakan akronim dari gerak cepat yang diartikan sebagai memberikan tanggapan yang cepat terhadap sesuatu yang terjadi. Gercep tidak hanya sebatas bergerak dengan cepat, atau lincah. Gercep juga berarti kita dapat memberikan suatu solusi terhadap suatu masalah dengan cepat, bertindak menurut solusi yang telah ditemukan, dan berakhir pada penyelesaian suatu masalah dengan cepat. Tegas menurut KBBI diartikan sebagai tentu dan pasti, jelas, tidak samar dan tidak ragu ragu. Artinya adalah dalam suatu pengambilan keputusan, kita harus bersikap tegas, jika "ya" maka "ya" dan jika "tidak" maka "tidak". sikap tegas ini juga bersinggungan dengan sikap gercep dimana jika kita ragu ragu dalam mengambil suatu keputusan tentu saja waktu akan terbuang lebih banyak.

            Dalam pelatihan saya, saya banyak belajar dari para kakak kakak senior saya tentang pentingnya sikap gercep dan tegas ini baik di lingkungan perkuliahan maupun dilingkungan pekerjaan (dalam kasus ini senior saya bekerja di bidang medis atau rumah sakit). Dari hasil wawancara saya dengan kakak kakak saya, kira kira beginilah pentingnya sikap gercep dan tegas ini.

1. Efisiensi waktu

Sebagaimana yang telah saya sampaikan, keuntungan yang paling jelas terlihat adalah adalah keterkaitannya dengan pemanfaatan waktu yang kita miliki. Alasan paling umum suatu perkara (tugas terutama bagi kita seorang pelajar atau mahasiswa) terlambat diselesaikan adalah malas. Apabila kita tidak tegas dalam diri kita bahwa kita harus menyelesaikan tugas tersebut maka kita akan terlambat dalam memulai mengerjakan perkara tersebut dan ketika kita memulainya kita tidak punya waktu yang cukup. Sama halnya jika kita tidak gercep, katakanlah kita sudah memulai mengerjakan dari jauh jauh hari, namun yang kita kerjakan ya cuman setengah setengah terus dan akhirnya pun tidak selesai juga.

2. Tidak mudah terombang ambing

Dalam zaman sekarang ini dimana ada banyak sekali mobilitas informasi tersebar kesana kemari, banyak hoax bertebaran, banyak pengaruh buruk juga tercampur dimana mana, kita harus tegas membatasi diri kita dari informasi informasi dan budaya budaya yang memang tidak sesuai dengan prinsip yang kita punya. Jangan FOMO. Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Harus tegas dalam menghadapi perkataan orang lain.

3. Tuntutan pekerjaan

Pekerjaan apa yang sekarang tidak memerlukan sikap gercep. Bahkan sebelum menginjakkan kaki dalam dunia pekerjaan sendiri kita juga harus gercep dalam mendapatkan pekerjaan. Persaingan dimana mana, jika kita tidak gercep ya kita akan tertinggal. Dalam dunia pekerjaan jika kita kalah cepat kerjanya dnegan yang lain maka kita juga akan tersingkir. Dalam kelanjutannya jika kita misalkan diberikan amanah untuk menjadi suatu pemimpin dalam suatu pekerjaan, kita harus dapat menjadi pemimpin yang baik yaitu dengan tegas.

4. Sebagai modal mengembangkan diri

Banyak sekali peluang yang kita dapatkan sekarang ini jika saya boleh jujur. Namun tentu saya aka nada persaingan di setiap peluang yang ada, disini sikap gercep kita akan membantu kita dalam mendapatkan kesempatan itu. Sikap tegas disini berperan sebagai penyaring peluang peluang yang ad aini agar kita dapat memaksimalkan peluang peluang yang memang kita butuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun