Mohon tunggu...
Azizatul Awalina
Azizatul Awalina Mohon Tunggu... Guru - Profesi saya sebagai Guru di SDN Panggungsari

Saya 'Azizatul Awalina biasa di panggil Azizah. Saya lahir di Trenggalek 09 September 1996. Seorang gadis dari anak tunggal pasangan Sahri dan Siti MUawanah. Dari kecil saya mempunyai hobi menyanyi dan belajar akan pengetahuan baru. Cita-cita saya kecil dulu ingin menjadi seorang dokter atau perawat namun dengan perjalanan waktu cita-cita saya berubah menjadi seorang pendidik. Ya saya terinspirasi dari guru SD saya dulu sehingga saat lulus SMA saya memutuskan kuliah di keguruan dan alhamdulillah saat ini saya dikasih rezeki Allah untuk mengajar di salah satu SD di Kabupaten Trenggalek yaitu SDN Panggungsari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Drill untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Materi Perkalian Siswa Kelas 2 SD

17 November 2022   21:17 Diperbarui: 17 November 2022   21:47 874
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

B. Pembahasan

Pelaskanaan perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksankan pada tanggal 24 Agustus 2022.

Sedangkan Siklus II dilaksanakan dengan durasi waktu 3 jam pelajaran atau 105 menit. Pelaksanaan pembelajaran kedua siklus ini, semuanya telah menggambarkan kegiatan pembelajaran secara utuh yaitu meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Pembahasan Siklus I

Kegiatan pembelajaran pada siklus I telah dilaksanakan dengan baik dan mengacu pada RPP yang telah dibuat. Mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti guru sudah menggambarkan langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dan metode latihan ( Drill). 

Guru menjelaskan konsep perkalian dengan alat bantu berupa jeruji lidi. Siswa dilatih untuk menggunakan lidi ataupun kerikil yang telah mereka siapkan untuk menyelesaikan soal-soal latihan dengan cara melakukan penjumlahan berulang sesuai dengan penjelasan guru.

Hasil dari penerapan perbaikan pembelajaran pada siklus I diperkirakan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian jika dibandingkan dengan pra siklus. Mereka telah mampu menyelesaikan soal-soal latihan tentang perkalian dengan baik meskipun dari beberapa siswa pencapaiannya belum maksimal. 

Namun diperkirakan bentuk latihan yang kurang menantang membuat mereka kurang antusias dan teledor saat mengerjakan bahkan pada soal -- soal yang saya asumsikan mereka telah menguasai.

Untuk menyempurnakan pencapaian hasil perbaikan pembelajaran pada siklus II peneliti berencana akan melakukan perubahan atau membuat variasi latihan baik dari media pembelajaran atapun dari bentuk latihannya. Agar konsentrasi, kecepatan dan ketepatan  siswa dalam menjawab soal -- soal latihan  dapat meningkat dan diharapkan semua siswa dapat lulus KKM.

Pembahasan Siklus II

Hasil Perbaikan pembelajaran siklus II yang dilakukan secara riil dengan melibatkan siswa telah menghasilkan dampak positif yang signifikan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari pencapaian prestasi belajar mereka. Seluruh siswa kelas 2 SDN Panggungsari yang mengikuti perbaikan pembelajaran dapat tuntas KKM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun