Mohon tunggu...
Aziza Rossa Daud
Aziza Rossa Daud Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Beginner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Privasi yang Tegadaikan: Data Pribadi di Tangan Perusahaan Teknologi

31 Juli 2024   16:59 Diperbarui: 31 Juli 2024   17:01 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era digital yang berkembang pesat ini, kita sering kali tidak menyadari bahwa setiap klik, suka, dan berbagi yang kita lakukan di media sosial meninggalkan jejak yang berharga bagi perusahaan teknologi. Data pribadi yang seharusnya menjadi milik kita kini menjadi komoditas yang diperdagangkan di pasar digital. Saya menulis refleksi ini berdasarkan pengalaman pribadi, lingkungan sekitar, dan pengamatan saya tentang bagaimana privasi kita tergadaikan di tangan perusahaan teknologi besar.

Ketidaktahuan Berujung pada Penyesalan

Awalnya, saya bersemangat dengan kemajuan teknologi dan kemudahan yang dibawanya. Aplikasi media sosial, layanan perpesanan gratis, dan banyak lagi yang membuat kehidupan sehari-hari saya lebih mudah tampak seperti sebuah anugerah bagi saya. Saya dengan senang hati mengizinkan akses ke data pribadi, mulai dari detail kontak hingga lokasi saya, tanpa berpikir dua kali atau berpikir panjang. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari ada sesuatu yang salah.

Suatu hari, saya menerima pemberitahuan yang sangat spesifik di media sosial, tepat setelah membicarakan produk tersebut dengan teman saya. Kejadian ini membuat saya bertanya-tanya: Apa yang diketahui perusahaan teknologi tentang kehidupan pribadi saya? Pertanyaan ini mendorong saya untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana data pribadi saya digunakan dan disimpan.

Menyadari Pentingnya Privasi

Penemuan saya mengejutkan, ternyata data pribadi saya tidak hanya digunakan untuk menampilkan iklan yang relevan, tetapi juga dijual kepada pihak ketiga untuk berbagai tujuan komersial. Informasi ini membuat saya merasa tidak nyaman dan khawatir terhadap keamanan data pribadi saya. Saya mulai mempertanyakan apakah kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi sebanding dengan harga yang harus saya bayar dalam bentuk privasi yang tergadaikan.

Saya juga mulai menyadari bahwa tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama tentang pentingnya privasi data. Banyak teman dan keluarga saya masih menganggap enteng pertanyaan ini karena mereka pikir tidak ada yang disembunyikan. Namun, bagi saya, privasi bukan hanya tentang menyembunyikan sesuatu tetapi juga tentang mengendalikan informasi pribadi kita dan bagaimana informasi tersebut digunakan.

Dampak Nyata Terhadap Kehidupan Pribadi

Hilangnya privasitidak hanya berdampak pada rasa aman seseorang, namun juga dapat berdampak pada kehidupan pribadinya. Teman saya pernah menghadapi situasi di mana informasi pribadinya disalahgunakan. Akun media sosialnya diretas dan penyerang menggunakan data pribadi teman saya untuk menipu teman lainnya. Kejadian ini sangat meresahkan dan membuat teman saya rentan.

Pengalaman ini membuat saya dan teman-teman lebih berhati-hati dalam berbagi informasi pribadi secara online. Setelah kejadian ini, saya dan teman saya mulai menggunakan kata sandi yang lebih kuat, mengatifkan autentikasi dua faktor, dan membatasi akses aplikasi ke data pribadi. Meskipun langkah-langkah ini meningkatkan keselamatan, saya masih merasa ada risiko yang tidak dapat dihilangkan sepenuhnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun