Mohon tunggu...
Aziz Aminudin
Aziz Aminudin Mohon Tunggu... Freelancer - Trainer, Professional Hipnoterapis, Penulis, Pembicara, Aktivis Sosial Kemanusiaan

Trainer, Professional Hipnoterapis, Penulis, Pembicara, Aktivis Sosial Kemanusiaan Founder MPC INDONESIA WA : 0858.6767.9796 Email : azizaminudinkhanafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

001 - Bagaimana Pocong Mewujud

9 April 2020   15:07 Diperbarui: 10 April 2020   05:26 507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi dari irvinalioni.com

Selamat siang sahabat kompasiana, 

Salam MPC INDONESIA, {{{ positif, sehat dan bahagia }}}

Sebuah awalan yang berat bagi saya memulai menuliskan ini karena pastinya bahasan ini akan sangat sensitif bagi sebagian orang, tapi hari ini entah bagaimana ceritanya saya hanya ingin berbegi cerita pada anda yang telah siap membaca artikel ini.

Artinya, kalau sekiranya tulisan ini tidak cocok buat diri anda saya minta anda berhenti dan jangan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai, dan apabula anda tetap penasaran mau membaca artikel ini sampai dengan selesai pastikan bahwa anda telah benar - benar siap untuk mengetahui apa yang saya akan bahas.

Sederhananya bahhwa anda tidak harus mempercayai dan menerima gagasan saya atau apapun yang saya uraikan secara senderhana, saya hanya seorang pembelajar yang artinya bahasan ini bisa jadi akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan keilmuan.

POCONG 

Kita mulai pada bahasa tentang mahluk astral yang diberi identitas sebagai pocong, atau lebih banyak dikenal sebagai hantu pocong. Kenapa saya mau membahas pocong ? 

 Ini terkait beberapa fenomena yang kebetulan ditangani di Griya Hipnoterapi MPC yang mengatakan bahwa seseorang yang dalam keadaan sakit itu merasa dibuat - buat atau dilakukan oleh seseorang dari jarak jauh dengan mengirimkan pocong. Menariknya beberapa fenomena ini bukan hanya sekali atau dua kali beberapa kasus serupa mengatakan hal demikian walau bentuk yang datang mengganggu tidak semua berbentuk pocong, hanya beberapa klien mengatakan bahwa penampakan pocong bukan hanya dilihat oleh seorang saja melainkan beberapa orang merasa melihat penampakan pocong yang diduga menjadi alat untuk membuat klien sakit.

Benar kan demikian ?, pada bahasan ini sejatinya saya udah pening ( pusing ) kalau ditanyakan apakah hal ini benar atau tidak, mengingat saya tidak cukup memiliki kemampuan untuk melihat bangsa ghaib atau mahluk - mahluk kasat mata.

Sebelum saya membahas pocong lebih jauh saja jadi semakin tertarik "sebenarnya pocong itu mahluk apa sih ?", karena sepengatahuan saya dalam kitab suci agama islam dan saya sebagai seorang mulim tidak dijelaskan dan adanya mahluk yang bernama pocong, kuntil anak, suster ngesod atau jenis mahluk spesiifik lainnya kecuami hanya ada Jin dan Setan, artinya ada hal yang menarik daya kritis saya untuk melihat seperti apa sejatinya fenomena pocong yang saat ini memiliki eksistensi yang sangat tinggi di masyarakat khususnya jawa dan sumatra.

Berdasarkan data yang saya dapatkan di https://id.wikipedia.org/ saya mendapati bahwa pengambaran pocong sangatlah banyak dan variatif tergantung kepercayaan daerah tertentu, ada yang mengambarkan pocong sebagai mahluk yang seperti orang terbungkus kain putih dengan ikat kepala tengah dan kaki, dengan wajah yang berwarna hijau, ada yang menggambarkan warnanya putih menyeramkan, ada mata hitam dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun