Mohon tunggu...
Aziz Aminudin
Aziz Aminudin Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas, Trainer, Personal Coach, Terapist, Hipnoterapist, Pembicara, Online Marketer, Web Design

Praktisi Kehidupan, Kompasianer Brebes www.azizamin.net Founder MPC INDONESIA www.mpcindonesia.com WA : 0858.6767.9796 Email : azizaminudinkhanafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Gampang Jadi Penulis

20 November 2017   12:02 Diperbarui: 20 November 2017   12:20 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: https://essaywritershere.com

Saya masih ingat ketika saya ditanya " Pak bagaimana caranya belajar menulis yang baik ? ".

Sampai hari ini saya tidak bisa menulis dengan baik, tapi yang terpenting bahwa sebenarnya kunci menjadi penulis yang baik ya " Menulis aja ", saya luypa tepatnya pertama kali saya menulis, tapi saya mungkin masih bisa mengingat bahwa pertama kali saya menulis pasti nya saat saya kecil, mungkin sebelum masuk sekolah TK dan saya resmi belajar menulis ya TK.

Saat itu ibu guru saya ( karena sekolah saya waktu itu gurunya perempuan semua ) hehehehe, semuanya tidak pernah sekalipun mengajarkan apa yang tidak mampu saya pahami dan terima. saya masih ingat bahwa mereka hanya mengajarkan saya untuk menulis, menulis dan menulislah, tidak ada benar dan salah selalu yang saya dengar kata " Bagus..., lanjutkan ya..;.. ", " iiiiih... bagus sekali... ".

Artinya..., saya paham kenapa banyak sekali orang yang sebenarnya punya potensi untuk bisa menulis tapi ia hanya bisa berangan - angan menjadi penulis besar, apa itu salah ? " tentu tidak ".

Angan itu akan tetap menjadi angan tanpa adanya upaya kita mewujudkannya, dan kunci untuk merealisasikan dan menjadikan ujud dari imaginer yang disebut ipian ya hanya dengan " takeaction ",ya hanya dengan melakukan sesuatu yang saya sebut " Praktek !!!! " .

" Pa saya bingung mau nulis apa ? "

Hahahahaha.... dasar kamu itu, ya tulis aja kebingunganmu itu, silahkan coba kamu tuliskan dan ceritakan kebingungan mu dalam sebuah tulisan yang mengalir saja yang tidak ada orang yang bisa mengalangingi mu menulis, dan lihat hasilnya nanti.

Beberapa kawan saya justru mengawali karier menulis ia karena ia nggak bisa menulis, ia menulis dan menulis tanpa menghiraukan apapun bahkan ketika ia sedang tidur saya ia menulis cerita yang dituangkannya saat bangun dan menjadi sebuah cerita pendek.

Singkat kata, menulis lah... itu sangat mengasikkan.

BELAJAR MENULIS DIKOMPASIANA

Di Kompsiana sebenarnya cara yang keren untuk belajar menulis, bagaimana kita berinteraksi dengan banyak orang hebat yang telah lebih dulu menulis dan dari berbagai latar belakang, ini tentu terlihat tidak mudah akan tetapi semkin kita sering menulis maka akan semakin berkualitas tulisan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun